Niat Sholat Gerhana Bulan - Sholat Khusuf

Blog Khusus Doa - Sholat Gerhana Bulan merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika terjadi gerhana bulan. Hukum mengerjakan sholat gerhana menurut pendapat yang masyhur dari kalangan para ulama sepakat bahwa hukumnya adalah sunnah muakkad.

Dalam sebuah hadits dirawayatkan, yang artinya:
Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan sholatlah kalian" (HR. Bukhari - Muslim)

Adapun Niat Sholat Gerhana Bulan adalah sebagai berikut :

اُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya :
Saya niat melaksanakan sholat sunnah gerhana bulan dua roka'at menjadi ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat diatas adalah niat sholat gerhana bulan sebagai makmum, sedangkan untuk yang menjadi imam dalam sholat gerhana bulan, maka bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya :
Saya niat melaksanakan sholat sunnah gerhana bulan dua roka'at sebagai imam karena Allah Ta'ala

Itulah bacaan niat sholat gerhana bulan sebagai imam atau sebagai makmum. Adapun untuk cara pelaksanaan sholat gerhana ketika gerhana sedang berlangsung, baik itu gerhana matahari ataupun gerhana bulan.

Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018

Gerhana bulan total terlama abad ini akan terjadi 28 Juli 2018 dinihari nanti, mulai pukul 01.25-05.19 WIB. Saat gerhana bulan total super blood moon nanti, selain menikmati keindahannya, juga bisa melaksanakan ibadah Sholat Gerhana Bulan.

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Gerhana Bulan - Sholat Khusuf"