Lafadz Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dilakukan oleh semua muslim yang sudah baligh dan berakal. Jika seorang muslim tidak berpuasa di bulan ramadhan, misalnya karena sakit dan/atau bahkan karena disengaja, maka diwajibkan untuk mengganti, membayar atau mengqadha puasa ramadhan.

Mungkin salah satu dari kita sering meninggalkan puasa ramadhan dengan berbagai alasan. Maka dari itu, sebelum bulan ramadhan datang kembali, hendaknya kita sudah membayar atau mengqadha puasa ramadhan dan hukumnya adalah wajib. Adapun untuk lafadz niat mengganti / mengqadha puasa ramadhan dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Niat Qadha/Membayar Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan artinya
Ilustrasi : Niat Mengqadha Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO SYAHRI ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA
Artinya :
Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Note:
Bagi teman-teman yang lebih suka menghafal niat qadha puasa ramadhan dengan cara mendengarkan, silakan bisa langsung disimak videonya berikut ini:





Itulah  niat qadha puasa ramadhan. Jika Anda memiliki hutang puasa ramadhan tahun lalu, silakan segera dibayar hutang tersebut sebelum datang kembali puasa ramadhan tahun ini.

Ingat...!!! Orang yang meninggalkan puasa ramadhan sama halnya memiliki hutang kepada Allah SWT. Dan setiap hutang wajib hukumnya untuk diayar, terlebih hutangnya kepada Allah SWT yakni hutang puasa ramadhan. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya "Berhutang kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan (HR. Muslim)".

94 komentar untuk "Lafadz Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. Lafadz niat mengganti puasa di atas layak jadi refensi buat teman2....semoga tulisan ini berkah

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak sudah berbagi ilmunya, memberikan kami yg tk tahu jd bs mengerti. (smga sllu mndptkn ridho ALLOH SWT) amin ya Robb

    BalasHapus
  3. Terimakasih ini sangant bermanfaat

    BalasHapus
  4. waaah trimakasih gan atas infonya ..;-)
    ijin share smoga bisa bermanfaat bagi orng bnyk.. :-)

    BalasHapus
  5. terimakasih atas infonya mas, sangat bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  6. terima kasih atas infonya. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Thanks
    Ini web membantu banget

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas infonya, Admin. :)

    BalasHapus
  9. Terima kasih untuk semua infonya, izin Copas pak Admin.

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat . thankz infonya .

    BalasHapus
  11. Terima kasiih.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. Trimakasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Trimakasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. menggabungkan niat qadha puasa ramadhan dengan puasa sunnah sya'ban boleh apa tidak..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalammualaikum, saya coba bantu jawab yah...
      Tidak bisa, Syariat telah memisahkan antara yang fardhu dengan yang Sunnah, bahkan untuk jenis hukum yang sama (fardhu dengan fardhu atau sunnah dengan sunnah) tidak bisa dilaksanakan dengan 1 niat.
      Terimakasih.

      Hapus
    2. Boleh puasa qadha sekaligus diniati puasa sunnah. Seperti puasa qadha dengan puasa 6 hari bulan Syawal atau dengan puasa Arafah. Abu Zakariya Al-Anshari dalam kitab As-Syarqawi I/427 menyatakan
      ولو صام فيه أي في شوال قضاء عن رمضان أو غيره أو نذرًا أو نفلا آخر حصل له ثواب تطوعها، إذ المدار على وجود الصوم في ستة أيام من شوال وإن لم يعلم بها أو صامها عن أحد (أي النذر أو النفل ) لكن لا يحصل له الثواب الكامل المترتب على المطلوب إلا بنية صومها عن خصوص الست من شوال، ولا سيما من فاته رمضان أو صام عنه شوال، لأنه لم يصدق عليه أنه صام رمضان وأتبعه ستا من شوال.
      Artinya: Apabila seseorang puasa qadha Ramadan atau puasa nadzar atau puasa sunnah lain di bulan Syawal maka dia juga mendapat pahala dari sunnahnya puasa Syawal. Karena puasanya dilakukan pada bulan Syawal walaupun dia tidak tahu...

      Dalam Mughnil Muhtaj 1/49 dinyatakan

      ولو صام فيه -أى فى شوال - قضاء عن رمضان أو غيره أو نذرا أو نفلا آخر حصل له ثواب تطوعها ، إذ المدار على وجود الصوم فى ستة أيام من شوال .. قالوا : ويشبه هذا ما قيل فى تحية المسجد، وهى صلاة ركعتين لمن دخله ، قالوا : إنها تحصل بصلاة الفريضة أو بصلاة أى نفل وإن لم تُنو مع ذلك ، لأن المقصود وجود صلاة قبل الجلوس ، وقد وجدت بما ذكر، ويسقط بذلك طلب التحية ويحصل ثوابها الخاص وإن لم ينوها على المعتمد

      Berdasarkan pendapat Al-Anshari di atas, Atiyah Saqar mantan ketua Fatwa Universitas Al Azhar Mesir, dalam kitab Ahsan al Kalam fil Fatwa wal Ahkam menyatakan:
      يمكن لمن عليه القضاء من رمضان أن يصوم الأيام الستة من شوال بنيه القضاء، فتكفي عن القضاء ويحصل له ثواب الستة البيض في الوقت نفسه إذا قصد ذلك، فالأعمال بالنيات. وإذا جعل القضاء وحده والستة وحدها كان أفضل، بل إن علماء الشافعية قالوا: إن ثواب الستة يحصل بصومها قضاء حتى لو لم ينوها وإن كان الثواب أقل مما لو نواها.
      Boleh bagi orang yang berkewajiban meng-qadha puasa Ramadhan untuk berpuasa pada 6 hari bulan Syawal dengan niat qadha. Maka puasa qadha-nya sah dan juga mendapat pahala puasa 6 hari Syawal. apabila bermaksud seperti itu. Karena amal berdasarkan niat. Apabila menjadikan qadha sendiri dan 6 hari Syawal sendiri maka itu lebih utama. Bahkan ulama madzhab Syafi'i menyatakan bahwa pahala puasa 6 hari Syawal didapat dengan berpuasa qadha Ramadan walaupun tanpa niat (puasa Syawal) walaupun pahalanya lebih sedikit dibanding kalau dengan niat puasa Syawal.

      Sumber:alkhairat.net

      Hapus
  15. alhamdulillah, terimakasih informasinya. sangat membantu :) semoga bermanfaat #amiin

    BalasHapus
  16. terima kasih banyak. anda sangat membantu

    BalasHapus
  17. Assamu'alaikum
    Mau tanya nih mas,saya pernah meninggalkan puasa beberapa tahun yang lalu kira-kira sejumlah 2 bulan dan sampai sekarang belum saya ganti.
    Apakah saya masih bisa mengganti puasa tersebut karena sudah tertunda beberapa tahun.Kalau bisa,bagaiman niatnya , dan apakah ada dasr hukumnya ? Mohon Penjelasannya !
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mas imam puasa yang blm di bayar dua tahun yg lalu tidak bisa di bayar dengan berpuasa karna puasa yg bisa di bayar hanya di tahun yg sm sebelum bln ramadhan berikutnya dtg. Akan tetapi bisa di bayar dengan anda bersedekah atau memberi makan orang fakir, miskin, juga yatim piatu. Berapa takarannya sesuai dengan puasa yg di tinggalkan apabila anda meninggalkan puasa apalagi anda laki-laki bila sakit mungkin ada toleransi tp apabila di sengaja ini wajib anda bayar dengan memberi makan orang duafa setidaknya 100org tidak bisa di bayar dengan puasa karna tidak akan di terima oleh Allah SWT. Sekian dari saya semoga bermanfaat ya mas, lebih lengkap bisa tanya dengan ustadz. Wassalam

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum
      Syukron Ukhty Ika Rismayana utk penjelasannya, kebetulan sy jg pny hutang puasa Ramadhan bbrp thn yg lalu blm tergantikan, tp sy lupa dah brp bnyk hutang puasa itu :-(

      Hapus
    3. Maaf setahu saya hutang puasanya tidak gugur, dan itu sudah menjadi kesepakatan ulama, hanya saja soal denda ulama berbeda pendapat. Selain imam Hanafi disamping berpuasa (qodho) harus membayar denda (fidyah) 1 hari = kurang lebih 7 ons beras, jika menurut Imam Hanafi cukup berpuasa (qodho) tanpa disertai membayar denda, wallahu a'lam bisshowab

      Hapus
  18. saya masih bingung nih. . .ada yang bilang Niat itu tempatnya di hati (sabda Nabi), dan redaksi niat yang di contohkan Rasul (hadits shahih) belum dicantumkan. . .apakah boleh kita amalkan. . ? sementara amal ibadah agar tidak tertolak harus ada syaratnya : 1. Ikhlas dan 2. Sesuai contoh Rasulullah (I'tiba). . . maaf kalau saya keliru. . .lihat QS. Al Kahfi : 110

    BalasHapus
  19. Thanks bgT. sangat berarti bgt

    BalasHapus
  20. terimakasih atas info nya yg sangat membantu saya & menghilangkan keraguraguan saya...!

    BalasHapus
  21. Niat buka puasanya sama kan kaya buka puasa dibulsn ramadhan

    BalasHapus
  22. Syukron ilmunya. Saya mau bertanya ttg waktu baca niatnya. Untuk puasa Ramadhan, niat harus dibaca sblm tiba waktu Subuh. Benar kah? Sedangkan utk puasa selain Ramadhan (puasa sunnah) niat boleh dibaca setelah waktu Subuh. Bagaimana kah dg puasa qadha Ramadhan ini? Bolehkah niatnya dibaca sesudah masuk waktu Subuh?

    BalasHapus
  23. saya mau tanya apakah puasa bayar hutang nya Syah apabila saya ganti niat puasa saya dari puasa Senen menjadi puasa bayar hutang ? Krn saya baru ingat pada saat saya sholat maghrib kalau saya ada hutang puasa . Jadi lebih baik saya mendahulukan puasa wajib saya dahulu .. Apakah boleh saya ganti niat nya pada saat sholat subuh di saat saya baru ingat ?

    BalasHapus
  24. Banyak manfaat bagi yg lain,thank

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah dapet ilmu lagi.... Oya ada satu hal yang tau puasa kita diterima atau tidak kan hanya Allah SWT yang tau.... Jd qt gak bisa menilai puasa qt diterima atau tidak... Maaf saya sedikit kurang sependapat dengan Ananda ika rismayana... Sx lg maf... 😉😊😊

    BalasHapus
  26. Terima kasih atas ilmu yg kau berikan kpda semua orang.

    BalasHapus
  27. Syukron infonya... Saya hari ini memang mau puasa utk membayar hutang puasa Ramadhan, dan sambil sahur segera search utk niatnya. Alhamdulillah dapat dari anda. Jazakallah khoiron katsira...

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah sangat membntu.
    Trimakasih

    BalasHapus
  29. Terima kasih. Sangat bermanfaat☺

    BalasHapus
  30. Makasii yah,info ini sangat mmbantu saya ��
    Skli lagi makasi

    BalasHapus
  31. Terimakasih atas info nya sehingga sy lbh mudah dlm menjalankan ibadah puasa utk pengganti puasa Ramadhan yg terhutang.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah. Terimakasih telah berbagi ilmu

    BalasHapus
  33. Mas mau tanya, kalau semisal ragu puasanya itu ada yang terlewat atau tidak, niatnya pakai ini atau niat lain

    BalasHapus
  34. Thanks. Saya kira niat puasanya sama kayak puasa ramadhan, saya nanya ayah saya, bilangnya malah. "Udah, bilang aja 'saya niat puasa bayar utang fardo lilahita'ala'", makanya saya gk yakin. Haha...

    BalasHapus
  35. tak terasa besok adalah hari pertama puasa ramadhan
    semoga selalu di beri kekuatan
    semangat2

    BalasHapus
  36. Masukkan komentar Anda...mksi bgd infonya

    BalasHapus
  37. Singkat, padat dan Sangat2 jelas sekali,mkasi atas ilmunua,
    Beda dengan blog lain yang terlalu bertele2 dan akhirnya males untuk baca sampai selesai

    BalasHapus
  38. Apakah bisa niat di baca ketika setelah sholat subuh Ustadz ustadzah???

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah makasih banyak yaa, semoga berkah😉

    BalasHapus
  40. Makasih, ngebantu banget kak

    BalasHapus
  41. Kalo puasa nya niatnya pake bhsa Indo boleh tidak...karena belom tau niatnya jadi pake bhsa Indoesia

    Bolehkah

    BalasHapus
  42. Maaf mau nanya, pusanya diganti pas senin kamis aja apa boleh semua hari?

    BalasHapus
  43. Makasih infonya..
    Tpi kalau kita tidak tau berapa kali kita meninggalkan puasa gimana..?? Apakah kita harus qadha' puasa ramadhan terus.... lha terus kapan kita mengerjakan puasa sunnah... ????

    BalasHapus
  44. Terima kasih sangat bermanfaat ☺️

    BalasHapus
  45. Sangat membantu, jazakumullahu :))

    BalasHapus
  46. Syukron, jazakumullah khairan

    BalasHapus
  47. Terima kasih, ilmunya sangat membantu sy

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah bertambah lagi ilmu kita 😇

    BalasHapus
  49. Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  50. Artikel yang bermanfaat. terima kasih dan salam kenal dari Raykha Tour ya

    BalasHapus
  51. Mau nanya nih misalkan kita bulan puasa banyak bolong atau banyak gak puasanya dari puasa . Misalkan kita lupa jumlah yg harus kita bayar buat nutupin puasa ramadhan 1bulan penuh itu gimana ?

    BalasHapus
  52. Blh, tidak ada hukumnya bagi seseorang yg lupa.

    BalasHapus
  53. asalammmuaalaikum mau nanya puasa qadha dihari jum'at boleh gak..soalnya q prnah dgar puasa dihari jum'at hukumnya makruhh ..jdi boleh gak puasa dihari jum'at

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak boleh puasa di hari jumat. Kecuali pada saat ramadhan, saat sedang melaksanakan puasa daud.

      Hapus
  54. Terima kasih infonya.
    Sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).