Khutbah Jum'at tentang Sholat (Shalat adalah Tiang Agama)

Assalamu'alaikum. Pada pertemuan kali mungkin sedikit berbeda dari sebelumnya, karena di halaman ini saya akan berbagi contoh khutbah jum'at yang singkat, padat dan berisi. Dengan mengangkat tema tentang Sholat.

Tentu kita semua tahu, bahwa sholat adalah tiang agama. Namun faktanya, masih ada saja orang yang sering meninggalkan sholat meskipun sudah tahu kalau sholat merupakan tiangnya agama. Apabila suatu tiang tidak didirikan, maka akan roboh dan hancur isinya. Bukankah begitu?

Nah, dari fenomena diatas, maka sangat menarik sekali jika khutbah jum'at kali ini mengangkat topik tentang sholat. Dan berikut adalah contoh khutbah "Shalat adalah Tiang Agama" yang dapat Anda jadikan referensi.

Contoh Khutbah Sholat Jum'at Singkat padat dan berisi
Ilustrasi : Khutbah Sholat Jum'at

Contoh Khutbah Jum'at Singkat tentang Sholat

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang membangun hati-hati yang lalai dengan peringatan dan nasehatNya. Mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyerukan umat manusia kepada jalan Allah dengan cara bijaksana dan nasehat yang baik. Allah SWT berfirman, yang artinya

"Dan berikanlah peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi kaum mukminin", sehingga bertambah kuatlah keimanan itu dengan peringatan. Saya panjatkan puji kepada Yang Maha Suci atas kebaikan-Nya yang banyak. Dan saya panjatkan rasa syukur kepada-Nya atas anugerah-Nya yang besar.

Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya di dalam ketuhanan dan mentadbirkan, dan jauh dari perbuatan syirik yang kecil maupun yang besar. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah yang membawa berita gembira dan peringatan dari Allah, dan petunjuk kepada kebaikan dan mengancam secara tegas segala bentuk perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya yang senantiasa berada di jalan Allah.

Para jama'ah yang berbahagia, saya serukan kepada jama'ah semua, bertaqwalah kepada Allah dan peliharalah shalat. Biasakanlah kamu shalat berjama'ah, sesungguhnya shalat merupakan rukun Islam. Karena shalat a dalah tiang aga, jadi agama tidak akan berdiri tegak tanpa sholat.

Barangsiapa mendirikan shalat, maka ia telah menegakkan agamanya. Dan barangsiapa melalaikan dan/atau meninggalkan shalat, maka ia telah membinasakan Islam. Peliharalah diri kamu dari perbuatan yang meninggalkan waktu shalat. Tidak ada alasan untuk meninggalkan, meremehkan dan melupakan shalat karena urusan dunianya, karena mereka akan mendapat kecelakaan siksa yang besar. Maka tercelalah orang yang meninggalkan shalat, dan ia mati di luar Islam.

Diriwiyatkan dari Ali r.a, bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda :
Tidaklah seorang hamba itu, meninggalkan dan tidak menunaikan shalat, kecuali Allah mencorengkan wajahnya bahwa orang ini telah dikeluarkan dari rahmat Allah, sedangkan aku bebas darinya.

Diriwayatkan juga dari Umar dan Abu Hurairah r.a, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda :
Jibril a.s turun dan berkata, "Bacalah!" Aku menjawab, "Aku tidak dapat membaca". Jibril berkata : "Akan datang menggantikan mereka suatu generasi yang meninggalkan shalat dan memperturutkan nafsu syahwat, maka mereka akan menemukan kebinasaan." Aku berkata, Wahai Jibril! Apakah sepeninggalku nanti umatku akan meninggalkan shalat?" Jibril menjawab, "Benar! Akan datang di akhir zaman nanti segolongan manusia dari umatmu yang meninggalkan shalat, menghabiskan waktu-waktunya hanya untuk memperturutkan nafsu syahwat. Maka bagi mereka dinar (harta) lebih utama dari shalat mereka."

Wahai hamba-hamba Allah, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu saling memerintahkan tentang shalat. Sesungguhnya Allah akan memberikan rezeki kepada kamu dengan cara tidak terduga. Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.

وأمر اهلك بالصّلوة واصطبير عليها لانسئلك رزقا نحن نرزقك والعاقبة للتّقوى
Artinya :
Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezki kepadamu dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa. (QS - Thaha : 132)


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَلذِّكْرْ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ الْجَلِيْلَ، لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Semoga Allah SWT memberkati kita sekalian dengan Al-Qur'an Al-Adzim, dan memberikan manfaata kepada kita apa yang ada di dalamnya yang berupa ayat-ayat dan peringatan yang mengandung hikmah. Saya rasa sampai di sini dulu khutbah jum'at ini.

Sebagai penutup khutbah, saya memohon ampunan kepada Allah SWT, untuk kita semua dan seluruh kaum muslimin agar terhindar dari segala dosa. Mohon ampunan kepada-Nya, karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Teman-teman, itulah contoh khutbah jum'at tentang sholat dengan tema "Sholat adalah Tiang Agama" semoga bermanfaat. Teman-teman bisa mengembangkannya lagi, karena contoh khutbah diatas sangat singkat namun tetap berisi.

2 komentar untuk "Khutbah Jum'at tentang Sholat (Shalat adalah Tiang Agama)"

  1. alhamdulillah bisa memberi ilmu,, tapi klo boleh saran ,, saya lihat pembahasannya kurang menarik,, coba yang lebih bagus lagi apalagi tentang sholat

    BalasHapus
  2. Mohon penulisan ayat Alquran yang tepat karena kalamullah khawatir dibaca orang awam dan mengira benar
    واصطبر

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).