Khutbah Jum'at tentang Puasa di Bulan Ramadhan

Blog Khusus Doa - Tidak terasa, bulan suci ramadhan 2015 tinggal beberapa bulan lagi. Semoga kita semua dapat menjumpai kembali bulan puasa ramadhan 2015 yang suci, sangat agung dan mulia ini. Amien.

Berkaitan dengan puasa ramadhan tahun 2015, maka pada kesempatan ini kami akan berbagi contoh khutbah jum'at singkat, pendek, padat dan berisi tentang Puasa di Bulan Suci Ramadhan. Kami berharap, sedikit khutbah jum'at tentang puasa ramadhan yang akan kami paparkan dibawah, bisa menjadi referensi bagi para khotib yang kebetulan minggu ini mendapat tugas untuk menyampaikan khutbah. Dan tentunya Anda dapat menjabarkan secara lebih luas lagi dari contoh yang kami berikan.

Untuk mempersingkat waktu, silakan langsung saja kita pelajari bersama-sama Khutbah Jum'at Singkat tentang Puasa di Bulan Suci Ramadhan berikut ini :

Khutbah Jum'at Puasa Ramadhan Singkat, Pendek
Ilustrasi: Khutbah Jum'at Puasa Ramadhan

Khutbah Jum'at (Pertama) tentang Puasa Ramadhan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ وَفَّقَ عِبَادَهُ الْمُؤْمِنِيْنَ لِتِلاَوَةِ كِتَابِهِ لْكَرِيْمِ، وَفَتَحَ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقَائِقِ الْمَعَارِفِ وَلَطَائِفِ الْعُلُوْمِ مَاهَدَاهُمْ بِهِ إِلَى صِرَاطَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَخَصَّهُمْ مِنْ مَوَاهِبِ بِرِّهِ وَإِحْسَانِهِ بِأَسنَى فَضْلِهِ الْعَمِيْمِ وَمِنْ عَلِيِّ مَنْ شَاءَ بِالصِّدْقِ فِى مُعَامَلَةِ، وَاللهُ ذُوالْفَضْلِ الْعَظِيْمِ، أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى مَاأَوْلاَهُ مِنَ التَّعْلِيْمِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لِهُ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ النَّبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخُلِيْلُهُ النَّبِيُّ الْكَرِيْمِ. اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ عَلَى الدِّيْنِ الْقَوِيْمِ وَسَلِّمْ بَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

Pujian serta sanjungan hanya bagi Allah yang telah memperkenankan hamba-Nya membaca kitab-Nya yang mulia, dan membukakan untuk mereka hakikat-hakikat ilmu pengetahuan dan intisari ilmu yang dapat menuntun ke Shiratul Mustaqim. Dan mengistimewakannya dengan pemberian kebaikan dan keutamaan-Nya. dan dari keluhuran orang yang dikehendaki-Nya berlaku jujur dalam mu'amalah. Dan Allah mempunyai keutamaan yang besar. Saya panjatkan puji kepada Allah Yang Maha Suci, yang telah mengutamakan manusia dengan apendidikan-Nya.

Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa tanpa sekutu lagi Maha Mulia dan Bijaksana. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Ya Allah, berikanlah shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya.

Para jama'ah yang berbahagia. Saya serukan kepada Anda semua, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Segeralah menuju ampunan dan ridha-Nya. Jauhkanlah hal-hal yang mendatangkan kemurkaan-Nya, karena seseorang itu disebut mukmin manakala ia takut kepada Allah dan takwa kepada-Nya.

Wahai hamba-hamba Allah, kamu sekarang sedang berada di bulan mulia, bulan besar dimana para wali Allah mencari kebaikan. Mereka sedang berusaha memperoleh kebebeasan dari azab neraka jahim. Pada bulan ini, pintu-pintu surga akan dibuka lebar-lebar, doa-doa dikabulkan dan fadhilah disebarkan.

Pada bulan ini, bulan suci ramadhan disingkirkan semua keburukan dan dilipatgandakan kebaikan. Ditidurkan segala bentuk keburukan dan kesengsaraan, sebaliknya diwajibkan perhiasan kebahagiaan dan kemuliaan.

Oleh karena itu, agungkanlan bulan suci ramadhan dengan bacaan Al-Qur'an, takbir, rukuk, sujud, tahlil, tasbis dan tahmid. Perbanyaklah sedekar pada bulan Ramadhan, berbuat baiklah kepada fakir miskin dan anak yatim. Jauhilah perbuatan maksiat dan perkataan buruk yang dapat membatalkan amal. Dalam sebuah hadist diterangkan :
Barang siapa tidak dapat meninggalkan perkataan bohong dalam mengerjakan puasa, maka Allah tidak memerlukan orang semacam itu meninggalkan makan dan minum.

Hadist lain menerangkan :
Banyak orang berpuasa yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga, dan berapa banyak pula orang yang melakukan shalat Al-Lail hanya memperoleh keletihan belaka

Allah SWT berfirman :
سَابِوْآ اِلى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعْرَضِ السَّمَآءِ وَاْلاَرْضِ اُعِدَّتْ ِللَّذِيْنَ امَنُوْا بِاللهِ وَرَسُلِه ذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَآءُ وَاللهُ ذُوالفَضْلِ الْعَظِيْمِ
Artinya :
Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS Al-Hadid : 21)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَلذِّكْرْ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ الْجَلِيْلَ، لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Lanjutkan dengan : Khutbah Kedua Sholat Jum'at 

Itulah Contoh Khutbah Jum'at Singkat tentang Puasa di Bulan Ramadhan yang dapat kami share pada kesempatan yang baik ini. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda semua yang kebetulan minggi ini mendapat tugas untuk menjadi khotib di masjid halaman tempat tinggal Anda. Demikian yang dapat kami sampaikan, sebagaimana kami lansir dari laman Rumaysho.  

5 komentar untuk "Khutbah Jum'at tentang Puasa di Bulan Ramadhan"

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).