Indah, Modern dan Unik! Nama-nama Bayi Perempuan dari Alqur'an

Blog Khusus Doa - Bagi teman-teman yang sedang mencari rangkaian nama-nama bayi islami yang indah dan modern berikut akan kami share kumpulan nama-nama bayi dari al-qur'an yang sangat indah namanya dan juga artinya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa memberikan nama yang baik adalah salah satu kewajiban orangtua saat menyambut kelahiran seorang anak. Nama ini akan sangat bermakna bagi kehidupan sang anak di masa depan, karena dengan nama itulah sang bayi akan dikenali. Nama itu juga akan melekat padanya seumur hidup.Untuk itu, jangan coba-coba sembarangan memberikan nama kepada anak tercinta, karena nama juga merupakan doa.

Berikut adalah beberapa nama-nama indah bayi perempuan dari al-qur'an yang dapat Anda jadikan referensi untuk memberikan nama kepada si buah hati tercinta.


Afida

Sapaan Afida muncul dalam Alquran surat An-Nahl 78. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Tuhan mengeluarkan manusia dari perut ibunya dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan ibu memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati nurani, agar kamu bersyukur. Kata afida dalam ayat tersebut memiliki makna hati nurani.

Dengan memberikan sapaan ini untuk si kecil, diharapkan kelak ia menjadi anak yang memiliki hati nurani. Untuk melengkapi, bisa ditambahkan sapaan lain seperti Salsabila yang bermakna suci seperti air mata surga. Sehingga arti nama Salsabila Afida adalah gadis berhati nurani yang suci.

Aghnia

Sapaan ini muncul dalam surat Al-Baqarah ayat 273 dengan tulisan Arab أَغْنِيَا yang bermakna kaya. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa jika ingin kaya maka harus bersedekah. Dengan menyematkan sapaan ini untuk si kecil sama dengan mendoakannya kelak mendapatkan banyak rejeki dan rajin bersedekah.

Jika Anda ingin membuat sapaan ini dalam suatu rangkaian nama yang indah, bisa ditambahkan sapaan Fathira yang bermakna pemimpin. Sehingga gabungan nama ini bermakna pemimpin yang banyak rejeki dan rajin bersedekah.

Sabira

Sapaan ini disebutkan dalam surat Al-Anfal ayat 66 dengan tulisan صَابِرَ dan memiliki makna sabar. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya diluar batas kemampuannya. Dengan berdoa dan sabar makan Tuhan akan terus membantu hambanya dalam menjalani cobaan.

Supaya lebih indah, bisa ditambahkan sapaan Aqila yang bermakna bijaksana dan Putri yang bermakna anak perempuan. Bila dipadukan, kata ini bermakna anak perempuan yang memiliki sifat bijaksana dan sabar.

Naadhira

Sapaan ini berasal dari Arab نَاضِرَ yang berarti berbahagia. Sapaan indah ini juga muncul dalam surat Al-Qiyamah ayat 22 dengan arti berseri-seri. Dalam ayat tersebut memiliki terjemahan “wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri”. Dengan kata lain, menggunakannya sebagai sapaan untuk si kecil tersirat harapan hidupnya selalu diberkahi kebahagiaan.

Nazra

Nama nama bayi perempuan dalam Alquran lain yang juga memiliki makna bahagia adalah Nazra. Sapaan tersebut muncul dalam surat Al-Insan ayat 11 yang bermakna “Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.”

Kata nazra نَضْرَ dalam ayat tersebut memiliki makna kegembiraan. Jika dikaitkan dengan arti nama untuk si kecil, tersirat harapan kelak ia selalu merasa bahagia.

Salwa

Secara etimologi, sapaan ini berasal dari bahasa Arab سلوى yang berarti pembawa kebahagiaan. Sapaan ini juga muncul dalam surat Taha ayat 80. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa anak-anak Israel akan dibebaskan dari permusuhan dan selalu diberkahi kedamaian serta kebahagiaan.

Selain dari bahasa Arab dan muncul dalam Alquran, ada juga arti nama ini dari bahasa lain. Dalam bahasa Jawa, sapaan ini memiliki arti seperti madu.

Marhama

Sappan yang indah ini berasal dari bahasa Arab َلْمَرْحَمَةِ. Selain itu, kata marhama juga muncul dala surat Al-Balad yang bermakna berkasih sayang. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa setiap orang yang beriman harus saling menyayangi agar tidak timbul rasa permusuhan antar sesama umat Islam.

Ruhama

Contoh nama-nama bayi perempuan dalam Alquran lain yang bermakna penyayang adalah Ruhama. Sapaan ini muncul dalam surat Al-Fath. Dalam surat tersebut dijelaskan bila sebagai orang beriman tetaplah memberikan kasih sayang kepada mereka yang tidak beriman. Kata ruhama رُحَمَا dalam ayat tersebut memiliki makna kasih sayang. Dengan menyematkan sapaan ini untuk si kecil, tersirat harapan kelak ia menjadi putri yang selalu menyayangi dan disayangi oleh orang disekitarnya.

Kamila

Kamila yang memiliki makna lengkap atau tanpa kekurangan berasal dari surat dalam Al-Baqarah ayat 196. Kata ‘Kamila’ berasal dari bahasa Arab ‘Kamilah’ yang berarti sempurna. Nah, Jika menginginkan putri tercinta tumbuh dengan sempurna, maka penamaan Kamila sangat cocok disematkan untuk si kecil.

Mubsira

Mubsira bermakna kecerdasan. Sapaan yang keren dan indah ini muncul dalam surat AN-Naml ayat 13 dengan arti memahami. Dengan kata lain, memberikan sapaan ini untuk buah hati sama dengan mendoakannya agar kelak mudah memahami atau cerdas.

Supaya lebih lengkap, bisa menambahkannya dengan sapaan Hana sehingga menjadi Hana Mubsira. Rangkaian nama tersebut memiliki makna gadis cantik seperti bunga yang cerdas

Khalisa

Nama bayi perempuan islami unik berasal dari Alquran lain yang bisa digunakan adalah Khalisa. Sama halnya dengan arti nama Muhammad, Khalisa secara etimologi juga berasal dari bahasa Arab yang berarti suci, murni, dan mulia.

Sapaan ini ada dalam Alquran surat Al-Araf ayat 32 yang bertuliskan tentang Tuhan mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, serta melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar.

Memberikan sapaan ini untuk buah hati Anda, sama dengan mendoakannya kelak tumbuh menjadi wanita yang dijauhkan dari segala perbuatan dosa. Untuk menambahkan maknannya bisa juga ditambahkan dengan sapaan Azzahra yang berarti cantik seperti bunga.

Maisara

Jika ingin si kecil kelak tumbuh menjadi anak yang selalu diberi kemudahan dan diberi kekuatan dalam menjalani kehidupan, maka penamaan Maisara bisa digunakan sebagai inspirasi. Sapaan ini muncul dalam surat Al-Baqarah ayat 280 yang berarti diberikan kemudahan, kekuatan, serta kesabaran dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Sedikit berbeda dengan etimologinya, sapaan ini berasal dari bahasa Arab yang bermakna ketenangan. Baik dalam Alquran maupun etimologinya, sapaan ini masih bermakna positif sehingga cocok disematkan untuk sang buah hati.

Zahira

Terkadang orang-orang di Indonesia memberikan nama untuk buah hatinya sesuai waktu kelahirannya. Seperti arti nama Fajar yang berarti anak yang lahir di pagi hari.

Nah, jika lahir di malam hari, nama Laila cocok untuk jadi pilihannya. Sapaan yang secara etimologinya berasal dari Arab ini memiliki makna kegelapan yang indah. Sama halnya dalam Alquran, sapaan ini juga muncul dalam surat Ad-Dukhan ayat 3 dengan arti malam hari.

Agar lebih indah indah dan bermakna bisa ditambahkan dengan sapaan Zahira yang berarti berwajah cantik seperti bunga dan Rania yang berati sukses. Rangkaian nama bayi perempuan ini menjadi bermakna putri cantik yang lahir di malam hari dan kelak menjadi orang sukses.

Ilmi

Menggunakan sapaan Ilmi untuk putri tercinta sama halnya mendoakanya kelak menjadi anak yang pandai dan berilmu. Secara etimologi, sapaan ini berasal dari bahasa Arab yang berarti ilmu. Sapaan ini juga muncul dalam surat Albaqarah ayat 47 yang bermakna pengetahuan.

Muhita

Muhita muncul dalam surat Al-Ankabut ayat 54 yang berarti sadar atau bertaubat. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, jika berbuat dosa segeralah bertaubat agar tidak terkena azab.

Sama halnya dalam Alquran, secara etimologinya sapaan yang berasal dari Arab ini juga memiliki makna sadar atau taubat. Dengan menyematkan nama ini untuk si kecil, tersirat doa kelak ia selalu menyadari kesalahan yang telah ia perbuat.

Itulah beberapa nama-nama bayi perempuan yang indah, modern dan unik yang diambil dari al-qur'an, sebagaimana dikutip dari laman IslamPos. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai bahan referensi untuk memberikan nama terbaik buat anak tercinta.

Semoga anak cucu kita selalu diberi keselamatan dan menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Amin.

Posting Komentar untuk "Indah, Modern dan Unik! Nama-nama Bayi Perempuan dari Alqur'an"