Doa ketika Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Pada kesempatan ini kami akan berbagi bacaan doa ketika musim hujan datang. Seperti kita ketahui bahwa Allah SWT menurunkan hujan tentu banyak manfaatnya bagi kehidupan makhluk-Nya di muka bumi ini. Dengan hujan, Allah menyuburkan tanaman-tanaman yang dibutuhkan manusia dan semua makhluk yang hidup di bumi, menumbuhkan pepohonan dan buahbuahan serta biji tanaman yang dibutuhkan manusia.

Allah SWT berfirman:
وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ
Artinya :
"Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan bijibiji tanaman yang diketam." (QS Qaaf : 9).

Namun, selain membawa kebaikan bagi kehidupan, pada musim hujan, berbagai hal yang tidak kita inginkan pun bisa terjadi, seperti banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, petir menyambar, dan angin beliung yang merusak. Maka dari itu, agar supaya saat musim hujan selalu membawa keberkahan dan dijauhkan dari bencana-bencana alam karena sebab musim hujan, kita patut memanjatkan doa untuk hal tersebut.



Berikut adalah beberapa doa saat musim hujan yang patut kita panjatkan kehadirat Allah SWT.
  • Doa Saat Ada Angin Kencang
    Saat ada angin kencang dianjurkan untuk membaca doa. Silakan pelajari doanya pada artikel yang berjudul "Doa Ketika Ada Angin Kencang Bahasa Arab, Latin dan Artinya"
    "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, dan kebaikan yang terkandung padanya serta kebaikan apa yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya, dan kejeleken yang ada padanya dan kejelekan apa yang dibawanya." (HR Bukhari dan Tirmidzi).
  • Doa Ketika Ada Petir
    Nabi SAW pernah ditanya tentang petir, Nabi menjawab, "Petir adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah."
    Doa ketika mendengar petir, "Mahasuci Allah yang petir bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya." (Shahih Mauquf al- Muwatha).
    Untuk selengkapnya silakan pelajari pada artikele yang berjudul "Bacaan Doa ketika Melihat Kilat dan Mendengar Petir (Halilintar)"
  • Doa Ketika Turun Hujan dan Selesai Hujan
    Ketika turun hujan, Nabi SAW memberikan tuntunan doa, yang artinya "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat" (HR Bukhari).
    Adapun usai turun hujan Nabi SAW bersabda, "Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah." (HR Bukhari dan Muslm).
    Untuk Selengkapnya silakan pelajari "Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan Bahasa Arab, Latin dan Artinya"
  • Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat
    "Allahumma hawaalaina walaa 'alaina, Allahumma 'alal aakami, wadzadziraabi, wa buthuni audiyati, wa manaabitisy syajari" (Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di dataran tinggi, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan)." (HR Bukhari dan Muslim).

Itulah doa-doa ketika musim hujan yang patut kita amalkan. Semoga Allah melindungi kita dari berbagai hal buruk yang tidak kita inginkan terjadi dan menjadikan hujan sebagai rezeki yang memberikan manfaat bagi kehidupan.

Pelajari juga: Doa MInta Hujan Agar Cepat Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Di dalam Al-Qur'an dijelaskan:
Hujan yang pada awalnya menjadi sumber air dan pembawa rahmat (QS al-An'am : 99) bisa berubah menjadi banjir bandang (QS al-Baqarah: 59). Angin yang pada awalnya berperan dalam proses penyerbukan tumbuhan (QS al-Kahfi : 45) dan mendistribusikan awan (QS al-Baqarah : 164) tiba-tiba berubah menjadi puting beliung yang meluluhlantakkan (QS Fushshilat : 16), dan laut yang pada awalnya jinak (QS al-Hajj : 65) tiba-tiba berubah menjadi tsunami yang meng gulung apa saja yang dilaluinya (QS at-Takwir : 6).

Maka sudah sepatutnya kita untuk selalu waspada dan selalu berdoa dalam kondisi apapun, agar supaya diberi keselamatan dari segala marabahaya. Amin.

*Sumber referensi: republika.co.id

Posting Komentar untuk "Doa ketika Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin dan Artinya"