Bacaan Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi atau Bencana Alam

Blog Khusus Doa - Bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, longsong dan bencana lainnya tidak dapat diprediksi. Kemunculan yang mendadak apalagi dengan skala cukup tinggi bisa menimbulkan kerusakan hingga korban meninggal dunia. Tentu semua tidak ingin menjadi korban musibah. Tetapi, tak ada yang bisa mencegah munculnya gempa.

Maka sudah seharusnya untuk kita selalu ingat pada Allah SWT pada kondisi apa pun. Berdoa menjadi salah satu cara untuk mengingat Allah termasuk dalam situasi gempa, longsor, banjir, gunung meletus dan lain sebagainya.


Nah, berikut adalah bacaan doa setelah gempa bumi yang dapat kita amalkan seperti yang dianjurkan oleh KH Abdul Karim atau Gus Karim, pengasuh Pondok Pesantren Alquran Azzayadi Solo, seperti dilansir dari republika.co.id (23/1/2018)

Doa Ketika Gempa Bumi, Longsor, Banjir Bandang, Gunung Meletus (Doa saat terjadi Musibah)

اَللهُمَّ اِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا، وَخَيْرَمَا أَرْسَلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ
ALLAHUMMA INNII ASALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA AUDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan,"

Itulah bacaan doa ketika terjadi gempa bumi yang patut kita amalkan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Doa ini tidak saja dibaca ketika kondisi gempa bumi saja. Tetapi, juga dibaca sewaktu-waktu ketika terjadi bencana alam lainnya seperti bencana longsor, banjir bandang, gunung meletus dan bencana lainnya yang mengancam keselamatan jiwa.

Pelajari juga: Doa ketika ada Angin Kencang Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Semoga kita semua selalu dijauhkan dari bencana alam, diberi keselamatan dunia dan akhirat. Amin Ya Allah. Ya Robbal 'Alamin. Amin.

1 komentar untuk "Bacaan Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi atau Bencana Alam"

  1. Semoga dengan doa doa beban bencana di Indonesia akan tertangani dan menjadi ringan karena Allah SWT maha pengasih dan penyayang umatnya amin

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).