Inilah Bahaya Syirik yang Sangat Besar, Paling Menakutkan

Blog Khusus Doa - Seperti yang kami janjikan pada artikel sebelumnya tentang doa agar terhindar dari kesyirikan, alhamdulillah pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi informasi mengenai Bahaya kesyirikan yang sangat besar bagi kehidupan manusia, khususnya dikehidupan setelah mati (alam akhirat).

Namun sebelum lebih jauh membahasa bahaya syirik, alangkah baiknya teman-teman mempelajari terlebih dahulu Bacaan Doa Agar Dijauhkan dari Kesyirikan serta mengamalkannya disetiap doa-doa kita, agar supaya terhindar dari kesyirikan dan tentunya kita selalu menjaga ucapan-ucapakan kita, sikap dan perilaku kita dari hal-hal yang berbau syirik. Karena dosa syirik sangat mengerikan dan tentunya membahayakan diri kita, kesyirikan dapat menghapus semua amal ibadah kita dan bahkan Allah SWT mengamcam kepada orang-orang yang syirik akan kekal di neraka. Naudzhubillah mindaalik.


Dalam wikipedia dijelaskan bahwa syirik adalah itikad ataupun perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah dan disandarkan pada Allah dalam hal rububiyyah dan uluhiyyah. Umumnya, menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah, atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban), bernadzar, berdo'a dan sebagainya kepada selainNya.

Dan berikut adalah beberapa bahaya kesyirikan yang harus kita ketahui, karena benar-benar sangat berbahaya:
  • Pelaku Kesyirikan diancam masuk neraka dan diharamkan masuk surga, bahkan bisa diancam kekal abadi di neraka
    Allah SWT berfirman:
    إِنَّهُ ُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ
    Artinya :
    “Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun.” (QS. Al Maidah: 72).
    إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ
    Artinya :
    “Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk” (QS. Al Bayyinah: 6)
  • Pelaku kesyirikan seluruh amalannya bisa terhapus tanpa tersisa sama sekali
    Allah SWT berfirman:
    وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
    Artinya :
    “Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al An’am: 88)
    إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
    Artinya :
    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa’: 48).
  • Kesyirikan adalah kedzaliman yang paling dzalim dan dosa yang paling berdosa
    Allah SWT berfirman:
    وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
    Artinya :
    “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.” (QS. Lukman: 13).
    وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
    Artinya :
    “Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa’: 48).

Teman-teman, itulah beberapa bahaya syirik yang sangat besar dan merugikan diri kita. Maka dari itu, marilah kita semaksimal mungkin menjaga sikap, ucapakan dan perbuatan kita agar terhindar dari hal-hal yang bersifat kesyirikan serta jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar supaya dihindarkan dari kesyirikan dengan memanjatkan Bacaan Doa Agar Dijauhkan dari Kesyirikan.

Demikian ulasan singkat tentang bahaya syirik yang dapat kami share pada kesempatan ini. Mungkin masih banyak lagi bahaya-bahaya yang lainnya dari kesyirikan, jika teman-teman lebih tahu banyak bahayanya silakan bisa share via kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inilah Bahaya Syirik yang Sangat Besar, Paling Menakutkan"