Bacaan Doa Agar Dijauhkan dari Kesyirikan

Blog Khusus Doa - Teman-teman, agar supaya kita senantiasa dijauhkan dari perbuatan syirik, marilah kita berdoa supaya dijauhkan dari kesyirikan. Karena syirik atau kesyirikan sangatlah berbahaya. Kesyirikan adalah meyekutukan Allah dalam ibadah dan hak-hak khusus Allah. Dalam Wikipedia Indonesia, dijelaskan bahwa Syirik adalah itikad ataupun perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah dan disandarkan pada Allah dalam hal rububiyyah dan uluhiyyah.

Sebelum lebih jauh mempelajari doa dijauhkan dari kesyirikan, perlu kita ketahui bahwa Para Nabi dan orang shalih saja berdoa agar ia dan keturunannya dijauhkan dari kesyrikian. Kita lihat teladan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, beliau berusaha menjaga keluarganya dari praktek kesyirikan dan menjaga agar selalu bertauhid. Beliau berdakwah tauhid kepada bapaknya,
إِذْ قَالَ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ لِمَ تَعْبُدُ مَا لَا يَسْمَعُ وَلَا يُبْصِرُ وَلَا يُغْنِي عَنْكَ شَيْئًا
Artinya :
“Ingatlah ketika ia (Ibrahim) berkata kepada ayahnya; “Wahai Ayahku, mengapa engkau menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong engkau sedikitpun?”. (QS. Maryam :42)
Beliau juga berdakwah dan berdoa agar dirinya dan anak keturuan beliau dijauhkan dari kesyirikan
وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ ءَامِنًا وَ اجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ اْلأَصْنَامَ
Artinya :
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata,”Ya Rabbku, jadikanlah negeri ini (Mekkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim:35).
Demikian juga orang-orang shalih pendahulu kita, mereka sangat berusaha menjaga tauhid keluarga mereka dan mencegah dari praktek kesyirikan. Lukman berpesan kepada anak-anaknya,
وَإِذْقَالَ لُقْمَانُ لابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لاَتُشْرِكْ بِاللهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Artinya :
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, pada waktu memberi pelajaran kepadanya,”Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar. ” (QS. Luqman: 13)

Berikut adalah lafadz doa supaya dijauhkan dari kesyirikan lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ
Allahumma innii a’uudzu bika an usyrika bika wa anaa a’lamu, wa astaghfiruka limaa laa a’lamu
Artinya :
Yaa Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari berbuat kesyirikan ketika aku mengetahuinya dan aku memohon ampunan Mu ketika aku tidak mengetahuinya”. (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad).

Temen-teman, itulah lafadz doa agar terhindar dari syirik/kesyirikan yang dapat kita pelajari dan dihafal untuk kita amalkan setiap hari. Karena mengingat betapa bahayanya perbuatan syirik, maka kita senantiasa menjaga perilaku kita serta memanjatkan doa tersebut diatas sehingga kita semua bisa terhindar dari kesyirikan. Untuk pembahasan mengenai bahaya kesyirikan, silakan teman-teman pelajari artikel yang berjudul "Inilah Bahaya Syirik yang Sangat Besar, Paling Menakkutkan"

So, teman-teman silakan jangan bosan-bosan untuk selalu berkunjung ke blog khusus doa untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar doa-doa islami dan berbagai artikel islami lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Agar Dijauhkan dari Kesyirikan "