Bacaan Doa Tahun Baru Islam, Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun


Blog Khusus Doa - Dalam hitungan jam kita akan meninggalkan tahun 1438 Hijriah dan Insya Allah akan memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah yang bertepatan pada tanggal 21 September 2017, semoga kita semua tetap dalam lindunganNya serta memanfaatkan sisa-sisa umur kita untuk berbuat kebaikan, bertaqwa kepada Allah SWT. Amin. Sebagai umat muslim, marilah kita merayakan tahun baru islam ini dengan lantunan-lantunan doa (doa akhir tahun dan doa awal tahun), lantunan sholawat dan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an baik secara berjama'ah di masjid-masjid, mushola-mushola maupun dengan keluarga di rumah.

Dengan memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun tentunya kita memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang sudah kita lakukan ditahun sebelumnya serta memohon kepada Allah SWT ditahun baru ini semoga kita semua terjaga dari tipu daya syaitan, mohon pertolongan agar terjaga dari hawa nafsu dunia serta memohon untuk selalu dipermudahkan dalam segala kebajikan kita.

DOA AKHIR TAHUN HIJRIAH
Doa akhir tahun hijriah dibaca sebanyak 3 (tiga) kali pada waktu ashar atau sebelum masuk waktu maghrib di akhir bulan dzulhijjah. Berikut adalah bacaan doa akhir tahun dalam bahasa arab.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَامُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ. اَللهُمَّ مَاعَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّانَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَاعَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اللهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ، اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعَ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
Artinya :
Note:
Ketika doa akhir tahun ini dibaca, syaitan berkata: "Bahaya bagiku dan sia-sialah pekerjaanku setahun ini menggoda anak cucu adam dan Allah binasakan aku sesaat dengan bacaan doa ini (doa akhir tahun), dan Allah ampunkan dosa anak cucu adam setahun yang lalu".

DOA AWAL TAHUN HIJRIAH
Sama seperti doa akhir tahun, doa awal tahun pun dibaca 3 (tiga) kali, namun waktunya berbeda. Kalo yang akhir tahun dibaca sebelum maghrib pada akhir dzulhijjah, sedangkan doa awal tahun dibaca setelah maghrib pada malam 1 muharram. Berikut adalah bacaan doa awal tahun hijriah dalam bahasa arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ اَللهُمَّ أَنْتَ اْلاَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ. وَعَلى فَضْلِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلُ. وَهذَاعَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلى هذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالَ بِمَا مُقَرِّبُنِيْ اِلَيْكَ زُلْفى يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
Artinya :
Note:
Saat doa awal tahun ini dibaca, syaitan berkata: "Selamatlah orang yang membaca doa awal tahun disisa usianya tahun ini, karena Allah mengutus dua malaikat untuk menjaganya agar saya tidak bisa mengganggunya".

Teman-teman, itulah bacaan doa tahun baru islam dalam basaha sarab atau doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah yang dapat kami share pada kesempatan ini, sebagaimana kami kutip dari Buku Sabilunnajah - Fasholatan Lengkap halaman 194-196. Semoga kita semua dapat mengamalkannya, diampuni segala dosa-dosa kita ditahun lalu serta dijaga diri kita dari godaan syaitan di tahun yang baru ini dan seterusnya. Amin.

Jika menurut temen-temen artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, silakan teman-teman share sebanyak-banyaknya via media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, line dll. Agar supaya sodara, kerabat, keluarga dan teman-teman kita yang lain juga mengamalkan doa tahun baru islam ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Tahun Baru Islam, Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun "