Manfaat Puasa, Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah

Blog Khusus Doa - Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah dilakukan umat Muslim dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha. Untuk pembahasan mengenai keutamaan puasa sunnah di bulan dzhulhijjah ini, sudah pernah kami paparkan pada artikel yang berjudul: "Hikmah dan Keutamaan Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzhulhijjah"

Nah, lebih lanjut pada kesempatan ini kami akan sedikit membahas tentang manfaat puasa khususnya bagi kesehatan tubuh manusia serta manfaat puasa arafah dan tarwiyah pada umumnya. Sebelum lebih lanjut membahas manfaat puasa, bagi teman-teman yang belum menghafal bacaan niat puasa arafah dan puasa tarwiyah silakan bisa dipelajari pada artikel kami yang berjudul: "Niat Puasa Dzhulhijjah 10 Hari Pertama Lengkap"

Dan berikut adalah beberapa manfaat puasa. Silakan disimak:

* Puasa berarti menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 14 jam. Dari sisi kesehatan, puasa dapat mengosongkan perut, yang secara otomatis mengistirahatkan saluran pencernaan. Dengan begitu, saluran pencernaan menjadi lebih optimal dari sebelumnya, mengeluarkan racun di organ pencernaan, hingga mengurangi risiko organ pencernaan rusak dengan cepat.

* Puasa juga membantu seseorang mengontrol pola makan. Puasa juga memungkinkan Anda untuk memilih makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Terlebih, puasa juga membuat seseorang menahan diri dari makan dan minum yang berlebihan.

* Sebuah penelitian dari Mesir menyebut puasa dapat memperpanjang umur. Hal ini dikarenakan selama puasa tubuh dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas, menekan pengeluaran insulin, serta mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula yang merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis.

* Puasa juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memulai program penurunan berat badan. Dengan berpuasa, porsi dan jam makan akan lebih sedikit.

* Dari sisi agama dan ibadah, hadis Nabi Muhammad SAW mengatakan barangsiapa yang melakukan puasa arafah akan diampuni dosanya setahun yang lalu dan setahun kemudian.

* Puasa arafah juga bisa dijadikan momen untuk melakukan meditasi dan beribadah, mendekatkan diri kepada Allah sebelum merayakan Hari Raya Idul Adha.

Itulah beberapa manfaat puasa yang dapat kami share pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang mengamalkan puasa sunah ini. Selamat menjalankan ibadah puasa arafah dan tarwiyah, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

Jangan lupa untuk menyantap makan sahur ketika akan menjalankan ibadah puasa. Karena makan sahur banyak sekali hikmah dan keutamaannya. Untuk selengkapnya silakan teman-teman bisa mempelajari artikel : "Hikmah dan Keutamaan Makan Sahur Ketika Puasa".