Bacaan Doa Ketika Tertimpa Musibah Lengkap Arab dan Artinya

Blog Khusus Doa - Musibah datang secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, musibah bisa datang dimana saja dan kepada siapa saja tanpa terkecuali. Seperti yang baru-baru ini terjadi yaitu musibah banjir bandang yang menimpa sodara-sodara kita yang di garut sungguh sangat memprihatinkan. Puluhan sodara kita meninggal dunia akibat musibah tersebut. Semoga sodara-sodara kita yang ada di garut tetap diberi kesabaran dan yang meninggal dunia semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Amin.

Mengingat musibah bisa datang kapanpun tanpa adanya berita terlebih dahulu, niscaya kita selalu panjatkan doa setiap saat agar selalu diberi keselamatan, misalnya seperti membaca doa agar terhindar dari musibah yang tiba-tiba datang.

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa atau berdoa ketika musibah datang. Berikut adalah lafadz bacaannya dalam bahasa arab lengkap terjemahannya.

إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها
Artinya :
“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya”


Seperti dilansir dari laman Islam Pos, bahwasanya dalam hadits Shahih Muslim disebutkan barangsiapa membaca doa tersebut diatas, niscaya Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Redaksi doa tersebut menyiratkan pesan tentang hakikat kepemilikan yang seluruhnya dikembalikan kepada Allah sebagai Pemilik Sejati. Berikut mengenai ajaran bahwa segenap musibah tak ada yang sia-sia, bahkan bisa berpahala, bila si penerima musibah mampu menyikapinya secara tepat. Doa tersebut juga mengandung optimisme, ditandai dengan harapan kepada Allah akan karunia pengganti yang lebih baik.

(Pelajari juga: Bacaan Doa tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya)

Musibah bisa berarti sebagai adzab, peringatan, ujian atau cobaan. Pemahaman terhadap musibah dari sudut pandang ini lebih utama, karena dapat menimbulkan introspeksi dan mendorong manusia mengoreksi kekurangan-kekurangannya lalu kemudian berusaha memperbaiki diri.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang ikhlas dan tetap sabar atas musibah dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, seberat apapun cobaan yang diberikan yakinlah bahwa Allah SWT akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Amin.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Ketika Tertimpa Musibah Lengkap Arab dan Artinya"