Tips Agar Tetap Fit dan Sehat Selama Puasa Ramadhan

Blog Khusus Doa - Tidak bisa di pungkiri, beberapa diantara kita masih saja ada yang menjadikan puasa ramadhan sebagai salah satu alasan untuk tidak fit seperti biasanya, misalnya saat bekerja, sekolah dan lain-lain. Ya, lantaran puasa ada yang menganggap tubuh menjadi lemas, tenaga berkurang dan masih banyak lagi alasan-alasan lainnya.

Nah, jika Anda ingin tetap fit, bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa ramadhan agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari, berikut ini kami share beberapa tips sehat selama puasa ramadhan sebagaimana dilansir dari laman Republika :

  1. Berbukalah dengan kurma
    Kurma merupakan makanan manis yang sangat penting untuk mengisi energi setelah melewatkan 12 jam lebih berpuasa. Kurma kaya akan serat yang dapat mengatur pencernaan Anda. Kurma juga kaya akan magnesium dan potasium.
  2. Banyak minum air
    Ramadhan tahun ini akan menjadi puncak musim panas. Pastikan Anda cukup minum usai buka puasa sehingga Anda tidak kehausan atau dehidrasi di keesokan harinya. Minumlah delapan gelas air usai buka puasa hingga jelang sahur.
    (Baca juga: Buka Puasa Ala Rasulullah (Berbuka dengan Kurma dan Air))
  3. Hindari kehausan
    Hindari makanan asin, seperti makanan kaleng atau olahan, kacang-kacangan, dan asinan, karena makanan tersebut dapat menambah rasa haus selama Anda berpuasa. Juga hindari makanan yang terlalu pedas. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran segar untuk mencegah rasa haus Anda.
  4. Berbukalah dengang perlahan
    Awali dengan kurma, air, serta sup, semangkuk salad, kemudian makanan utama. Bila Anda merasa kenyang setelah makan salad, Anda dapat istirahat sebentar untuk melanjutkan makanan selanjutnya. Makan yang berlebihan dapat mengakibatkan sakit perut dan kembung, hal ini merupakan kebiasaan yang umum dilakukan saat bulan Ramadhan.

    Berbukalah dengan sup hangat agar menyamankan perut seusai seharian berpuasa, isi kembali tubuh Anda dengan cairan guna membantu mempersiapkan sistem pencernaan.
  5. Pastikan Anda memiliki semua kelompok makanan.
    Ketika buka puasa, Anda harus memiliki sumber biji-bijian, protein, sayur mayur, buah-buahan, dan lemak tak jenuh.
  6. Tentukan pilihan makan sehat
    Pilih biji-bijan, daging tanpa lemak, dada ayam, ikan, minyak zaitun secukupnya dan buah-buahan termasuk jus buah-buahan. Hindari makanan yang digoreng, dan makanan dengna lemak berlebih.

    Daging, kacang-kacangan, telur, dan susu kaya akan protein. Pastikan Anda mempunyai setidaknya salah satu dari sumber makanan di setiap makanan yang tersaji di bulan Ramadhan sebab protein sangat penting bagi sel-sel di dalam tubuh Anda. Sumber protein tersebut juga akan membuat Anda cepat kenyang sehingga mengurangi godaan untuk makan manisan yang berlebih.
  7. Hindari makanan asin dan dan manis
    Mengonsumsi makanan yang terlalu manis setelah berbuka puasa akan membuat kembung yang mengakibatkan melambatnya proses pencernaan. Hal tersebut juga dapat tingkat gula darah fluktuatif, yang dapat meningkatkan hasrat mengonsumsi makanan yang lebih manis. Itulah mengapa, ada anjuran mengonsumsi makanan manis yang cukup 2-3 jam setelah berbuka puasa.

    Sulit untuk menolak makanan manis di bulan Ramadhan. Untuk menghindari konsumsi kalori yang berlebih, puaskan diri dan nikmati bersama keluarga Anda makanan lezat dan kreatif sementara memastikan Anda selalu berlatih mengontrol porsi dan makanan secukupnya.

    Makanan yang terlalu asin, pedas, dan makanan olahan akan membuat anda dehidrasi pada puasa di hari berikutnya. Tubuh dapat mencerna makaknan yang mengandung gula lebih cepat, dan nantinya akan membuat Anda lapar lebih cepat.
  8. Hindari kopi
    Jika Anda peminum kopi, cobalah kurangi konsumsi kopi dua minggu menjelang Ramadhan guna menghindari sakit kepala dan rasa kantuk.
  9. Bagilah makanan Anda
    Makan tiga kali masih menjadi hal penting dalam bulan suci: buka puasa, makan malam, dan sahur. Ini dapat membantu Anda menghindari cemilan berkelanjutan selama waktu Anda tidak berpuasa.

    Bagilah makanan utama ke dalam tiga bagian. Pertama, separuh piring terisi dengan karbohidrat yang kompleks, separuh dengan daging rendah lemak atau daging lainnya, dan separuh sisanya tuangkan sayur mayur. Hal ini akan memastikan Anda menjaga kesehatan dengan makanan yang sehat pula.
  10. Olah raga
    Lengkapi dengan olah raga dalam rutinitas keseharian Anda selama Ramadhan karena sangat menguntungkan. Olah raga akan membantu Anda mengatur kesehatan tubuh dan pola hidup.

    Jika Anda adalah seorang atlet yang terbiasa olah raga berat, Anda masih dapat mengatur kesehatan tubuh dan pola hidup Anda dengna cara menggabungkan sesi latihan Anda beberapa saat sebelum waktu berbuka puasa. Pastikan segera takaran kelembaban atau hidrasi usai Anda berolah raga dan makan perlahan untuk mengisi cairan dan nutrisi. Cobalah berlatih sekitar 1-2 jam setelah Anda berbuka puasa.

Itulah beberapa tips yang patut kita coba agar supaya tubuh kita tetap fit dan sehat meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal A'lamiin.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Tetap Fit dan Sehat Selama Puasa Ramadhan"