Tips Agar Mulut Tetap Segar Selama Puasa

Blog Khusus Doa - Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, bau mulut kita justru lebih tidak enak dibanding hari-hari di saat kita tidak puasa. Tetapi dibalik semua itu banyak hikmah yang terkandung dari bau mulutnya orang yang sedang berpuasa.

Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa "Sesungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misik".

Untuk lebih jelasnya mengenaik hadits diatas, silakan teman-teman bisa pelajari pada artikel terdahulu kami yang berjudul: "Hikmah dan Keutamaan Bau Mulut Orang yang Berpuasa"

Jadi, sudah hal yang lumrah terjadi bau mulut yang sangat tidak enak ketika kita sedang puasa. Tapi tahukan kalian apa penyebab bau mulut saat puasa? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti dilansir dari laman Republika, bahwa Pendiri Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC) Drg. Oktri Manessa menjelaskan, penyebab bau mulut ketika berpuasa dikarenakan tidak ada asupan makanan dan minuman. Dalam jangka panjang, kegiatan yang kosong itu menimbulkan produksi air liur berkurang.

"Ini bikin mulut jadi kering dan membuat serotonin ringan, dan ini bikin kuman dari sisa makanan buat bau mulut atau halitosis," kata drg. Oktri.

Dengan bau mulut, sering kali membuat Anda kurang percaya diri untuk berbicara. Untuk itu, drg. Oktri menyerankan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, ketika setelah sahur dan akan tidur di malam har dan dilanjutkan dengan menggunakan cairan berkumur.

"Ini untuk menjangkau bagian-bagian yang tidak terkena sikat gigi, karena sikat gigi hanya membersihakan 25 persen," kata drg. Oktri.

Kemudian, disarankan juga menggunakan sikat lidah. Ini sangat berguna sebab lidah merupakan tempat terakumulasinya kuman-kuman dalam mulut.

Di samping itu, memperbanyak minum air putih untuk memasok cairan tubuh. Minimal sehari mesti minum sebanyak 1 liter agar mulut tetap segar.

Drg. Oktri pun sangat menyarankan, sebelum menjelang Ramadhan ada baiknya menjadi kebiasaan untuk memeriksakan kondisi gigi dan mulut. Jadi, jika ada kondisi yang membutuhkan penanganan untuk menyambut puasa, bisa segera dilakukan.

Itulah sedikit artikel yang dapat kami share pada kesempatan ini, Semoga bermanfaat. Selamat

Posting Komentar untuk "Tips Agar Mulut Tetap Segar Selama Puasa"