Inilah Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

Blog Khusus Doa - Alhamdulillah hingga sampai saat ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa ramadhan di tahun ini. Semoga amalan ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal 'Alamiin. Tidak bisa kita pungkiri, bahwa selama bulan puasa ada salah satu moment yang kita tunggu-tunggu setiap hari yakni moment berbuka puasa.

Berbuka puasa merupakan salah satu kenikmatan yang tiada tara ketika kita puasa. Tapi tahukah Anda, selain itu ternyata ada keistimewaan atau keutamaan tentang berbuka puasa yaitu menyegerakan berbuka. Tentunya hal ini sudah memasuki waktu maghrib.

Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan, jika waktu Maghrib sudah tiba umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, diperintahkan untuk segera berbuka.

(Pelajari juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya)

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa'ad ra yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muttafaqun 'alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, adalah cara untuk menjauhkan diri dari ajaran puasa yang berlebihan yang memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ''HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muslim.

Menurut Imam Nawawi, jika kita ingin mendapatkan cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Imam Nawawi menambahkan, ''Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,'' tulis Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin.

Teman-teman, apakah selama ini kita sudah menyegerakan berbuka puasa? Kami yakin ya, karena seperti yang kami sebutkan diawal bahwa berbuka puasa adalah moment yang selalu kita tunggu-tunggu.

Demikian artikel singkat yang dapat kami share pada pertemuan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini.

1 komentar untuk "Inilah Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa"

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).