Doa Ketika Telinga Berdenging / Berdengung

Blog Khusus Doa - Tentunya Anda pernahkah mengalami telinga berdengung atau berdenging. Biasanya apa yang Anda lakukan ketika telinga berdenging? apakah membaca doa ketika telinga berdengung/berdenging?

Banyak faktor yang menyebabkan telinga seseorang berdengung. Secara medis, setidaknya ada dua penyebab telinga berdengin. Pertama; pengebab ringan yaitu telinga yang berdengin karena disebabkan mendengar suara yang keras, kekurangan zat besi, infeksi telinga, banyak kotoran, cemas dan stres serta penurunan daya pendengaran. Kedua; penyebab serius yaitu adanya tumor di kepala atau leher, tekanan darah tinggi, penyakit meniere, dll.
doa ketika telinga berdengin dan cara mengotasi telinga berdengung
Ilustrasi: Telinga berdenging

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:
  1. Relaksasi
    Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  2. Konsumsi obat antidepresan.
    Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  3. Hindari ruang hening
    Karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  4. Gunakan alat bantu dengar.
    Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.
  5. Berdoa
    Ini merupakan cara atau usaha kita yang terakhir dalam hal apapun, termasuk ketika telinga berdengin. Karena, semua cara dan usaha yang diiringi dengan doa maka insya Allah hasilnya akan lebih cepat dan sesuai harapan. Amin.

    Adapun untuk bacaan doa ketika telinga berdengaung adalah sebagai berikut :
    ذَكَرَاللهُ بِخَيْرٍ مِنْ ذَكَرَنِىْ
    Artinya :
    Semoga Allah mengingat dengan dengan baik pada orang yang ingat padaku
(Pelajari juga: Doa Ketika Sakit Mata)

Itulah beberapa penyebab telinga berdenging serta cara mengatasinya termasuk dengan doa ketika telinga berdengung. Semoga apa yang baru saja kami share pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Posting Komentar untuk "Doa Ketika Telinga Berdenging / Berdengung"