Bacaan Doa untuk Penangkal Penyakit

Blog Khusus Doa - Salah satu hal atau resiko hidup yang sering di alami oleh manusia adalah sakit, dimana kondisi ini membuat seseorang tidak lagi fit seperti biasanya. Banyak faktor dan penyebab yang mempengaruhi seseorang menjadi sakit.

Padahal, setiap manusia pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Tapi kenapa ada orang yang sering sekali sakit. Sehingga muncul ungkapan sedikit-sedikit sakit. Bisa jadi ini penyebabnya tubuh yang begitu ringkih dan tak mampu melawan sakit.

(Pelajari juga: Kumpulan Doa-doa Orang Sakit)

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mudah sakit atau menyebabkan mudahnya terjadi penularan, tergantung dari penyakit apa yang menjangkitinya. Gaya hidup yang dijalani juga bisa menjadi pemicu seperti merokok yang membuat cilia (bulu di hidung dan paru-paru yang berfungsi melawan penyakit) mati, serta perokok cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah sehingga orang lebih rentan terhadap kuman atau bakteri.

Doa untuk menangkal penyakit agar tetap sehat selalu
Ilustrasi: Berdoa

Pola makan yang buruk akan membuat seseorang kekurangan nutrisi penting sehingga tubuh menjadi tidak fit atau tidak kuat melawan penyakit. Mengonsumsi makanan yang sehat, seimbang dan mengandung air cukup bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Faktor lain yang bisa membuat orang gampang sakit-sakitan adalah tingkat stres tinggi, depresi yang tidak terdiagnosis, tidak menjaga kebersihan dengan baik seperti jarang cuci tangan, fungsi tiroid yang rendah serta penyakit tertentu yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Dan masih banyak lagi....

Nah, selain memperhatikan hal-hal diatas agar tidak mudah terkena sakit, kita juga dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT agar selalu diberi kesehatan baik jasmani dan rohani, dijauhkan dari segala jenis penyakit. Salah satu doa yang dapat kita amalkan untuk penangkal penyakit adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ. لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Artinya :
Maha Suci Allah dan dengan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah lagi Maha Agung. Tiada daya dan upaya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

(Pelajari juga: Hikmah dan Makna Sakit dalam Pandangan Islam)

Itulah beberapa faktor penyebab mudah sakit yang harus kita waspadai, dan kemudian kita memohon kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa agar supaya selalu diberi kesehatan dan terjaga dari sakit dengan memanjatkan doa penangkal sakit seperti yang sudah di paparkan diatas. Semoga apa yang baru saja kami share pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.