Doa Mensyukuri Nikmat Allah Lengkap Arab dan Artinya

Blog Khusus Doa - Berikut ini kami share bacaan doa mensyukuri nikmat dan artinya lengkap dengan bahasa arab . Doa ini merupakan salah satu doa nabi sulaiman ketika mensyukuri nikmat Allah SWT yang mana doa mensyukuri nikmat ini telah diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Naml ayat 19.

Seperti diketahui, bahwa kita harus bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, yang mana kita tidak dapat menghitung nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-hambaNya. Untuk itu, mensyukuri nikmat merupakan sudah menjadi kewajiban bagi setiap manusia, dan dengan mensyukurinya maka Allah akan selalu menambahkan nikmat-nikmat lainnya kepada kita semua. Dan berikut adalah bacaan doanya lengkap bahasa arab dan terjemahannya

Lafadz Doa Mensyukuri Nikmat  dan Artinya - Doa Nabi Sulaiman dalam Al-qur'an
Ilustrasi : Bersyukur (mensyukuri nikmat Allah)


Doa Mensyukuri Nikmat dan Artinya (Doa Nabi Sulaiman)

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Artinya :
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." (QS. Al-Naml: 19).
Doa di atas baik sekali dibaca agar kita mendapatkan ilham untuk mensyukuri nikmat serta dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang beramal shalih di dunia" hingga kemudian mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Seperti yang sudah kami sebutkan, bahwa doa diatas juga dibaca Nabi Sulaiman a.s. yang kaya raya tidak ada bandingannya.

Doa Mensyukuri Nikmat dan Artinya (Doa Orang-orang Mukmin yang Jujur) 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Artinya :
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku, dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada-Mu, dan sungguh aku adalah termasuk golongan orang-orang yang berserah diri." (QS. Al-Ahqaaf. 15).
Doa diatas dibaca oleh orang-orang mukmin yang jujur agar mereka diberi ilham untuk tetap mensyukuri nikmat, berbakti kepada orang tua, beramal sahalih, diberi keturunan yang mulia dan tobatnya diterima. Ahli Tafsir yang lain menjelaskan bahwa doa tersebut berkati dengan Abu Bakar Shiddik, ketika kedua orangtuanya menyatakan masuk Islam. (Sumber: doa-doa.blogspot.com)

Itulah beberapa Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat Allah yang bisa kita panjatkan setipa hari dan/atau minimal setelah sholat fardhu. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Amien.  

15 komentar untuk "Doa Mensyukuri Nikmat Allah Lengkap Arab dan Artinya"

  1. Terima kasih ilmunya. Izin mengcopy untuk belajar.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas ilmu yg bermanfaatnya
    izin share yah...

    BalasHapus
  3. alhamdulilah telah mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat...
    terima kasih yah...
    izin share

    BalasHapus
  4. Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Bertambah satu lagi postingan blogkhususdoa yang saya sukai, semoga menjadi berkah... Sekalian izin share ya :)

    BalasHapus
  6. alhamdulillah,,,sangat membantu dalam belajar bersyukur pada ALLAH,,

    BalasHapus
  7. terimakasih banyak ... izin copy ya ...

    BalasHapus
  8. mohon ijin utk mengcopy ,,, mudah2an yg posting ini mendapat barokahnya .... aaamin

    BalasHapus
  9. allhamdulillah,
    dapat ilmu yg sanget bermamfa,at bagi ummat islam termasuk aku sendiri.terimakasih ya allah,izin kopy,untuk belajar lebih arti bersuykur.

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).