Bacaan Doa Sapu Jagad Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Blog Khusus Doa - Doa sapu jagad / jagat merupakan doa yang lebih sering diucapkan oleh Rasulullah SAW, karena doa sapu jagad ini maknanya begitu dahsyat. Ya, meskipun lafadz doanya sangat pendek namun doa sapu jagat begitu penuh makna.

Bacaan doa sapu jagat juga dikenal dengan doa selamat dunia akhirat. Menurut para ulama doa ini mencakup seluruh permintaan manusia, baik di dunia maupun di akhirat, dan bahkan ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa doa sapu jagad juga merupakan doa untuk mendapatkan wanita sholihah, dan masih banyak lagi kedahsyatan dari doa sapu jagat yang secara lengkap akan kami share pada halaman ini. 

Adapun untuk lafadz doanya dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap terjemahannya adalah sebagai berikut :

Ilustrasi: Berdoa (Doa Sapu Jagad)

Lafadz Doa Sapu Jagat Arab, Latin dan Artinya

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Kami yakin Anda sudah pada hafal betul dengan bacaan doa sapu jagad, apalagi sekarang ini ada sebuah lagu yang liriknya mengandung doa tersebut, sehingga lebih mudah untuk menghafalkannya.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa doa sapu jagat merupakan doa yang pendek namun penuh makna. Dan ternyata Rasulullah SAW sangat menyukai doa-doa yang singkat tetapi sangat bermakna, sehingga wajar saja jika doa sapu jagad adalah doa yang lebih sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ
Artinya :
“Rasulullah SAW menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ
Artinya :
“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Video Doa Saput Jagad


Nah, diantara doa yang singkat, pendek dan penuh makna yaitu Doa Sapu Jagad. Maka dari itu, marilah kita sering-sering mengucapkan doa sapu jagad ini setiap waktu dan/atau minimal setelah selesai sholat fardhu.


Sumber Referensi :
#rumaysho.com

1 komentar untuk "Bacaan Doa Sapu Jagad Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya"

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).