Khutbah Sholat Jum'at tentang Dosa Memperlihatkan Aurat

Blog Khusus Doa - Bagi Anda yang masih bingun mencari referensi khutbah jum'at, tidak salah mengunjungi blog ini. Karena disini kami sudah banyak berbagi contoh-contoh khutbah jum'at singkat, padat dan lengkap dengan khutbah kedua sholat jum'at .

Nah, pada contoh khutbah jum'at kali ini, kami akan mengangkat tema yang sangat menarik sekali, karena dewasa ini mayoritas anak remaja khususnya wanita lebih pede dengan hal ini, yakni memperlihatkan aurat. Tidak usah dipungkiri, remaja-remaja zaman sekarang justru akan lebih percaya diri dengan dandanannya yang seksi, memperlihatkan auratnya. Dan sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk menegur dan menasihatinya bahwa memperlihatkan aurat adalah suatu perbuatan dosa.

Maka dari itu, tema khutbah jum'at tentang Dosa Memperlihatkan Aurat sangat tepat sekali untuk di sampaikan pada para jama'ah sholat jum'at. Dan berikut contoh khutbah pertama sholat jum'at singkat dan padat selengkapnya tentang doa memperlihatkan aurat.



Contoh Khutbah Jum'at tentang Dosa Maksiat Aurat
Ilustrasi : Khutbah Sholat Jum'at

Contoh Khutbah Pertama Sholat Jum'at tentang Doa Memperlihatkan Aurat

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ وَأَضَلَّ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى حَمْدَ عَبْدِامْتَثَلَ أَمْرَهُ وَتَأَدَّبَ بِأَدَبِ اْلإِسْلاَمِ وَأَشَّهَدُ أَنَّ النَّبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحَابَةِ وَتَبِعِيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

Wahai kaum muslimin, bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwa Allah SWT telah mengutus Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa berita gembira dan pemberi pereingatan. Dia mengutusnya dengan membawa hidayah dan agama yang hak, untuk ditunjukkan kepada semua umat manusia, walaupun kaum musyrikin tidak menyukainya.

Rasulullah SAW telah menyampaikan risalah Tuhannya kepada umat manusia dan menjadikan sebagai hujjah atas mereka, dengan menjelaskan syari'at Allah yang suci dan sempurna. Membacakan kitab Allah kepada mereka, yang di dalamnya terkandung apa-apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah. Pujian serta sanjungan hanya bagi Allah atas karunia-Nya.

Wahai kaum muslimin, sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan alam semesta beserta isinya yang indah sekali. Kemudian, menjadikan semuanya memiliki fungsi dan kegunaan. Jika seseorang makhluk telah melewati batas fungsinya, maka ia akan ditimpa musibah dan penyakit dari berbagai penjuru.

Wahai hamba-hamba Allah, lihatlah diri kamu, dan bersungguh-sungguhlah dalam mendidik anak dan isterimu dengan pendidikan yang baik dan benar dari segala unsur Baraat, yang pada dewasa ini mempengaruhi akhlak anak-anak kita, dan menyusup ke peradaban Arab dan pendidikan Islam, sehingga mampu menghancurkan akhlak mulia, adat istiadat dan norma-norma luhur kita. Jauhilah hal-hal yang membahayakan agama dan masyarakat. Peliharalah perintah-perintah Allah.

Kepada kaum muslimin, hendaknya memegang teguh batasan syari'at islam, dan berakhlaklah dengan akhlak yang diajarkan Allah kepada isteri-isteri Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Azhab Ayat 33 yang berbunyi :

وَقرن في بيوتكنّ ولاتبرّجن تبرّج الجاهليّة الاولى وافمن الصّلوة واتين الزّكوة واطعن الله ليذهب عنكم الرّجس اهل الب بيت ويطهّركم تَطهيرا

Artinya :
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa diri kamu, Hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (QS : Al-Ahzab : 33)

Kemudian ketahuilah wahai kaum muslimin, sesungguhnya berhijab wajib hukumnya bagi kamu. Kamu tidak diperbolehkan melanggar batasan Islam dan mengerjakan apa-apa yang diharamkan. Jangan membuka aurat di depan orang yang bukan muhrimmu.

يآيّها النّبيّ قل لازواجك وبنتك ونسآء المؤمنين يدنين عليهنّ من جلابيهنّ ذلك ادنى ان يعرفن فلايؤذين وكان الله عفورارّحيما

Artinya :
Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka" yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. (QS : Al-Ahzab : 59)

Peliharalah keislamanmu wahai kaum muslimin, mudah-mudahan Allah memeliharamu. Berakhlaklah dengan akhlak Islam dan mudah-mudahan Allah memberikan kebaikan serta menjadikanmu umat yang baik pula.

Peganglah akhlak yang sempurna dan berjalanlah pada jalan keutamaan yang dianjurkan syari'at. Jangan keluar dari adat istiadat Islam yang luhur, dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِى وَلَكُمْ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَالْغَفُوْرُالرَّحِيْمُ

Lanjutkan dengan Khutbah Kedua Sholat Jum'at

Itulah contoh khutbah jum'at tentang dosa memperlihatkan aurat. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi Anda yang kebetulan akan menjadi khotib jum'at minggu ini. Anda bisa mengembangkannya lagi dengan melihat fenomena masyarakat kita yang dewasa ini mayoritas lebih tampil percaya diri dengan memperlihatkan auratnya.

3 komentar untuk "Khutbah Sholat Jum'at tentang Dosa Memperlihatkan Aurat "

  1. Silakan cek lagi pak, link khutbah jum'at sudah diperbaiki...
    atau silakan buka link ini:
    http://www.blogkhususdoa.com/2015/03/contoh-khutbah-jumat-khutbah-kedua-sholat-jumat-singkat-padat-dan-berisi-lengkap.html

    BalasHapus
  2. Nakasih banget udh bantu pr saya

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).