Doa Mustajab Agar Cepat Bayar Hutang Lunas Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Blog Khusus Doa - Dipertemuan kali ini kami akan membahas tentang membayar hutang. Lebih jelasnya akan kami share doa agar cepat bayar hutang lunas yang mustajab sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Sahabatnya ketika sedang terlilit hutang.

Dimana Rasulullah SAW membacakan dua ayat Al-Quran dari Surah Ali Imran yakni ayat ke 26 – 27. Yang kemudian sahabat Rasul tersebut mengamalkan ayat-ayat yang diajarkan sebagai doa dan wirid harian, sehingga Allah SWT mengabulkan doanya melunasi hutang dan meluaskan rejeki baginya.

Dan berikut adalah Bunyi ayat Al-qur'an surat Ali Imran ayat ke 26 dan 27, seperti yang diamalkan sahabat Rasul sebagai Doa Cepat Melunasi Hutang dan Hutang Cepat Terbayar

doa agar hutang cepat lunas, doa bayar hutang yang mustajab
Ilustrasi : Bayar Hutang - Lunas

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاء وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاء وَتُعِزُّ مَن تَشَاء وَتُذِلُّ مَن تَشَاء بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ -٢٦
QULI ALLAAHUMMA MAALIKA ALMULKI TU’TII AL MULKA MAN TASYAAU WATANZI’U ALMULKA MIMMAN TASYAAU WATU’IZZU MAN TASYAAU WATUDZILLU MAN TASYAAU BIYADIKA ALKHAYRU INNAKA ‘ALAA KULLI SYAY-IN QADIIRUN
Artinya :
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".
تُولِجُ اللَّيْلَ فِي الْنَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الَمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ -٢٧
TUULIJU ALLAYLA FII ALNNAHAARI WATUULIJU ALNNAHAARA FII ALLAYLI WATUKHRIJU ALHAYYA MINA ALMAYYITI WATUKHRIJU ALMAYYITA MINA ALHAYYI WATARZUQU MAN TASYAAU BIGHAYRI HISAABIN
Artinya :
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

Itulah Doa Agar Hutang Cepat Terlunasi/Terbayar. Jika Anda memiliki banyak hutang, silakan amalakan dua ayat dari surat ali Imron di atas dengan jumlah yang semampu anda. Amalkan setelah sholat fardu atau setelah sholat hajat. Insya Allah jika anda punya banyak hutang, hutang anda akan cepat lunas dan rezeki melimpah ruah. 

Dalam kehidupan sehari-hari, hutang piutang merupakan hal yang wajar. Tapi apa jadinya jika hutang yang sedikit demi sedikit tak kunjung dibayar? Tentu akan membuat hutang menjadi semakin menumpuk, sehingga memungkinkan seseorang sulit untuk membayar/melunasinya. Nah, jika hal ini terjadi pada diri Anda, silakan amalkan doa-doa cepat bayar hutang diatas ya? Insya Allah mustajab.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Rasulullah SAW menegur sahabat Muaz bin Jabal.
“Aku tidak melihatmu di masjid semalam," Rasulullah SAW menegur Sayidina Muaz Bin Jabal r.a. selepas selesai berjamaah sholat dzuhur.

"Maafkan aku, wahai Rasulullah. Aku tidak menunaikan sholat semalam. Saat dalam perjalanan ke masjid, aku telah bertemu dan dikurung oleh seorang Yahudi di rumahnya dan tidak perbolehkan ke mana-mana" jawab Saidina Muaz.

"Kenapa?" tanya Rasulullah SAW.

"Aku telah banyak berhutang kepadanya," ujar Sayidina Muaz. "Sehinggalah aku merayu dan berjanji akan melunasi hutang apabila mendapat uang,"

Rasulullah SAW tersenyum sambil menepuk-nepuk bahu Sayidina Muaz dan berkata, "Aku ajarkan kepadamu dua potong ayat. Jika engkau mau mengamalkannya, Allah akan meluaskan rezekimu untuk melunasi semua hutangmu, walaupun hutangmu sebesar gunung banyaknya."

"Mau..ya Rasulullah," jawab Saidina Muaz bersungguh-sungguh.

Rasulullah SAW pun membacakan dua ayat al-Quran yang sudah kami paparkan diatas, yakni QS Ali Imran Ayat 26-27. Dan Sayidina Muaz mendengarnya dengan cermat dan teliti, dan menjadikan ayat tersebut sebagai wirid harian hingga Allah SWT mengabulkan doanya melunasi hutang dan meluaskan rejeki baginya.

Maka tidak ada salahnya, apabila kita sedang terlilit hutang, cobalah untuk mengamalkan doa-doa diatas, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya yakni Muaz bin Jabal.

53 komentar untuk "Doa Mustajab Agar Cepat Bayar Hutang Lunas Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

  1. Ketika Roh ditiupkan terhadap janin,maka disitulah catatan perjalanan manusia seutuhnya yang tidak bisa dirobah " yang disebut Takdir ", Hanya manusia2 sombong dan mengingkari kekuasaan Allah yang mengatakan takdir bisa dirobah, Kewajiban manusia tawakal,tabah dan selalu menyerahkan diri kpd Allah itulah sesungguhnya manusia2 yang taat, tidak ada Doa yang munstajab,karena semua doa itu sama, selama Allah tidak berkehendak maka,sabarlah, Kun Fayakun ad di Allah, Contoh : ketika seseorang akan di hukum mati di Arab saudi sementara mereka tidak bersalah,seribu X memohon kepada Allah, tetap aj mati di tiang gantungan. Allah tidak memberikan pertolongan apapun..Allah akan berkehendak kepada siapapu,tidak hanya sebatas umat islam.tetapi kpd semua umat manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ayat ''Ud unni astajib lakum '' kita di perintah untuk berdo'a sebagai hamba, dan bersabar.

      Hapus
    2. kalau saya kurang setuju kl takdir seseorang sudah ditetapkan sejak dlm kandungan dan itu tdk biasa dirubah, kl memang begitu buat apa tuhan memberi kesempatan manusia utk bertaubat, berati masuk surga dan neraka seseorang sudah ditentukan sejak dlm kandungan, sungguh tidak adil kl begitu,

      Hapus
    3. Mendengar dari para kyai, bahwa Takdir yang tertulis di Lauh Mahfuzd itu, bisa Alloh rubah, yaitu dengan do'a

      Hapus
    4. Pemahaman tentang takdir masih perlu diluruskan...
      kalau seperti komentar diatas hampir sama dengan putus asah... tidak usah berdoa dan berusaha.... kalau begitu....

      Hapus
    5. Pak Agus yang baik, Perlu dikaji apa itu taqdir(ketentuan) sehingga jangan salah mengartikannya, taqdir adalah sesutu ketentuan yang berlaku sesuai dengan perbuatan/perkataan dan tidak menghalangi dari hal itu sendiri. sebagai contoh,, jika anda mencuri, maka ketentuannya anda akan dihukum.. seandainya anda meminta maaf dan mengembalikan benda curian tersebut dan ahli bait memafkan, tentu anda batal dihukum.. cuma cara mita maaf ada syaratnya juga. gitulah yang namanya do'a.. untuk lebih detailnya... silakan pedomani Al-qur'an dengan baik.. kami semua sayang Pak Agus.. moga Allah menyayangi Pak Agus Juga.. Amin ya rabbal a'lamin.

      Hapus
    6. Takdir masih bisa di robah dengan doa bos

      Hapus
    7. Alloh Subhanahu wata'alaa mengabulkan doa hambanya sesuai permohonan doanya, bisa juga menundanya di akherat mendapat balasan surga, dan bisa belum dikabulkan jarena menghindari musibah/bencana.

      Hapus
    8. Kalau melihat jawaban pa agus ini, jawaban yang pasrah akan keadaan..
      " ya udh begini, yaudahlah.. inikah takdir "
      Jangan Samakan Tali Gantungan ke masalah Hutanh.

      Ditali Gantungan 95% Mati tp Hutang masih ada harapan dan usahanya pak..
      kalau mau disamakan adalah " tetap aja yg ngutangi akan datang dan menangih kita kan ????" Itu baru benar tpkan sebelum dia datang kita harus usaha doa dan bekerja apapun utk membayarnya..
      sama halnya seperti Orang yang ada ditali gantungan, jika boleh saya tanya balik..
      "Ngapain org itu ada ditali gantungan ??? Sedangkan dia pasti tau dong hukuman tali gantung dan ngapain dia berbuat kesalahan sejauh itu ???"
      Masalah tali gantungan dan Orang yang didatangi punya hutang adalah RESIKO Pak tidak ada kaitannya dengan DOA...
      mungkin kalau dia Berdoa agar diampuni kesalahannya diatas tali gantungan itu wallahualam...

      Hapus
    9. assalamualaikum, sedikit menambahkan, beda antara qadar dan takdir, takdir itu adalah ketetapan Allah yg dikukuhkan berdasarkan ikhtiar umatnya, jadi takdir itu tergantung bgaimana ikhtiar kita, sedangkan qadar itu ketetapan Allah yg dikukuhkan sejak sbelum kita lahir dan tidak akan brubah sampai kita meninggal, seperti contoh ajal, dan Allah menyuruh kita untuk selalu meminta kepadanya,, justru manusia yang tidak mau berdoa itu lah yg smbong, menyikapi crita org yg dhkum mati di arab saudi, nah itu memang ajalnya, trmsuk qadar, ketetapan yg tdk bsa dirubah, Allah sudah menentukan kpan, dmna, dan bgaimana ajal itu menjemput, trima kasih

      Hapus
    10. kok bisa ya tidak tahu kalau takdir itu bisa berubah? setuju seperti comment yang lain. takdir memang sudah ditentukan.tapi bisa diubah dengan banyak ibadah, amal, sedekah, doa

      Hapus
    11. Kepada Yth, Saudara Agus Nabi telah mengajarkan kita do'a, dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad, kalau do'a ngga ada artinya Para Rasul tidan yang mengajarkan do'a, adapun istilah do'a mustajbah itu hanya istilah agar supaya kita lebih yaqin akan diterima nya dan di kabulkan nya do'a :
      kalau nggak percaya coba banca sejarah Nabi Ibrahim yang di bakar, apa yang terjadi api tidak berarti apa-apa
      yang kedua nabi Yunus ketika dalam perut ikan bbrp hari lamanya. menurut nalar nyambung nggak, beliau akhir nya tetap hidup
      Saya sendiri sering ketika manghadapi masalah ke pepet, pertolongam Alloh Maha Kuasa hadir menolong saya,

      Mohon maaf justru orang yang enggan ber do'a itu bagian dari Kesombongan

      Hapus
  2. saya setuju dengan bapak Agus, realisanya agar oarang selalu bersyukur selalu mengingat Allah agar jangan salah arah itu saja.

    BalasHapus
  3. Mohon informasinya hadist diatas riwayat dari imam mana ya?

    BalasHapus
  4. Mohon dicek kembali teks arabnya pada ayat 27. ...mayyiti..mayyita.
    Bentuk huruf "ro" dan "dal" kenapa sama.

    BalasHapus
  5. Maaf.. Ralat utk komen saya. Huruf "ro" dan "dal" sdh sesuai

    BalasHapus
  6. Dalam sebuah hadits Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan bahwa taqdir yang Allah ta’aala telah tentukan bisa berubah. Dan faktor yang dapat mengubah taqdir ialah doa seseorang.



    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ
    إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ (الترمذي)

    Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

    BalasHapus
  7. doa adalah perbuatan.apabila doa namun tak unjuk berbuat dan usaha tak ada arti,alloh tidak memberikan sesuatu diluar hanya berdoa saja namun harus diikuti usaha,tak ada rezeki yg jatuh tiba tiba sebelum ada musababnya,usaha berdoa dan bersabar mungkin cocok utk kunci hidup setiap manusia,

    BalasHapus
  8. Asalamu alaikum, antara takdir dan doa Itu mungkin berkaitan, takdir adlh ketentuan sedangkan doa adlh suatu bentuk permohonan. Semua doa dr al quran di jamin mustajab tp smua ada tata caranya agar doa di ijabah.jngn salahkan doa nya jika permohonan blm di kabulkan,di situlah ujian yg hrs kt hadapi dngn kesabaran serta tawaqal. Dan perlu di ingat Semua tergantung dr pd niat dan istiqomah kita dlm mlakukan permohonan. kehidupan smuanya sdh di atur jd tinggal kita yg memohon mau di posisikan dimana diri kita dlm kehidupan semesta,dan ingat tuhan maha pemurah Lg maha penyayang.
    Nb. Jangn pernah salahkan doa knapa permohonan blm jg di kabulkan tp koreksilah diri apakah kita sdh layak dan bersyukurlah atas nikmat NYA karna sesungguhnya ALLAH telah melaksanakan ketentuanya dan barang siapa bertaqwa dan bertawaqal kepadaNYA niscaya ALLAH akan slalu dekat dngan kita dan doa doa pasti akan di ijabah. jadikanlah doa sebagai permohonan akan pertolongn ALLAH dan jadikan Kitab suci AL QURAN sbagi petunjuk kehidupan kita.

    BalasHapus
  9. Mas agus belajar agama dimana..apa mas agus tau isi keseluruhan perjanjian saat roh ditiupkan kejanin...dan mas agus tau dong asal usul diri kita..mas agus juga tau Muhammad SAW itu siapa....berarti sabda2nya semua bohong dong dan mas agus juga tau ASMAUL HUSNA berarti nama2 itu bohong juga dong...mas agus juga tau ada sholat sunnat hajat,tahajud,dhuha dan lain2 berarti percuma dong kita jalankan karna g bisa juga ngerubah takdir...pdhal semua sholat itu anjuran-NYA..jd mas klu kita hanya secuil memahami agama lebih baik g usah memberikan koment yg membuat persepsi umat menyimpang..kenalilah dulu diri kita dengan sekenal kenalnya sehingga kita dapat mengenal Tuhan YME sehingga kita mendapatkan cintanya dan akhirx kita dapat memahami rahasia dari agama Islam karna awal agama itu mengenal ALLAH SWT

    BalasHapus
  10. Pa agus pemikiranya lebih ke faham mu'tazilah. Takdir bisa di rubah,banyak sekalibriawayat yg berkenaan dengan itu.mgkin saran saya bisa lebih mempelajari lagi mengenai qodho dan qodar.

    BalasHapus
  11. ada waktu yang mustajab untuk berdoa, ada tempat yang mustajab untuk berdoa,ada juga doa yang mustajab untuk meminta. buka buku hadis bukhori muslim..akan sangat panjang kalau saya rangkum semua di sini. buat bro agus jangan berfatwa tanpa dalil..ingat

    BalasHapus
  12. Terima Kasih Motivasinya Semoga Kebaiakan Saudara/i dapat Imbalan Dari Allah SWT yang Berlipat Ganda Dan Mohon Maaf Saya sudah Membaca dan mengopi Hasil Karya saudara/i mohon ijin membaca Atau Mohon Ijazahnya Dan Do'anya Semoga Saya menjadi orang yang selalu Bertaqwa Kepada ALLAH SWT Aamiinn

    BalasHapus
  13. Insyaallah hutang piutang kt akan lunas.

    BalasHapus
  14. saya setuju sama pendapat pak suriansyah.

    BalasHapus
  15. Pengertian menurut pemahamanku Takdir adalah Ketetapan Tuhan Yang tidak bisa / Tidak boleh diingkari Contoh : Laki-Perempuan, Siang-Malam, Baik-Buruk, Kaya-Miskin, dll, selain itu adalah Nasib yaitu bagaimana manusia itu sendiri mengelola kehidupannya. Kalau kita melihat segala sesuatu kita bilang Takdir maka kita menjadi cengeng dan selalu menyalahkan Allah SWT.

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan pak suriansyah

    BalasHapus
  17. maaf untuk para sodara semua saya mau tanya gmna caranya agar doa kita di ijabah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar doa dapat mudah di ijabah.
      1. Sempurnakan ibadah wajibnya (Sholat 5 waktu tepat waktu (Laki di usahakan jamaah di masjid/musholla.
      2. Di lengkapi Sholat sunnah Qobbliyah & Ba'diyah.
      3. Dzikir sebisanya & semampunya (di usahakan secara istiqomah).
      4. Lebih sempurna di tambah sholat Tahajjud & Dhuha.
      5. Di usahakan sedekah setiap hari semampunya.
      Kalo sudah bisa melakukan yg di atas, maka InsyaAllah akan mendapatkan kekaromahan / doa nya mudah di ijabah oleh Allah SWT dgn sendirinya.

      Hapus
    2. Yang ga bisa dirubah hanya satu yaitu mati.

      Hapus
  18. Doa nya untk zikir kan ?
    Terus kita harus baca brpa kali ?

    BalasHapus
  19. alhamdulillah tambah pengetahuan

    BalasHapus
  20. assalamu alaikum ya akhi,,, saya mohon iklasnya untuk mengamalkan amalan tersebut diatas ,,,, semoga menjadi amal ibadah bagi sampean,,, dan seluruh orang yang mengamalkan amiin ya roob... wassalam

    BalasHapus
  21. Kita bicara soal hukum dan logika terlebih dahulu, sperti halnya "orang yg pemalas dan tidak berniat mencari kerja, atau tidak belajar dengan sungguh2 tidak akan mendapatkan apapun. Tapi orang yg rajin dan belajar dngan sungguh2 akan mendapatkan apa yg dia inginkan." jadi takdir itu bisa berubah, takdir memang sudah di tentukan oleh tuhan, tapi ketika takdir kita trtulis baik namun kita melakukan keburukan dan jauh dri kbaikan, maka takdir itu telah di rubah oleh tanganmu sndri. Jikalau takdir kita tidak bisa berubah, kalau begitu mending saya diem, gk ush ngapa ngpain, toh takdir di tngan tuhan, ngpain amat saya kerja, toh rejeki di tangan tuhan, ngapain amat saya mikirin sholat apa nggak toh takdir di tangan tuhan, ngpain saya pusing mikirin anak sma suami toh takdir di tngan tuhan. Mungkin sya akan brfikir sperti itu bila mengikuti kta kta itu.sma kyak "Klo bgtu mah ngpain kita hidup di dunia, kalau tuhan sndri bklan matiin kita dan ngancurin dunia?". Allah ingin umatnya hanya meminta kepadanya, allah ingin umatnya hanya memohon kepadanya, kitamemang tidak boleh berharap kpda siapapun selain kepadanya, tetapi dengan berdiam diripun allah tetap akan merubahnya, allah merubahnya dengan melihat kebaikan dan keburukan kita. Takdir sudah di tentukan tuhan, tapi untuk mendapatkan takdir yg baik, trgantung dari seberapa baik kita kepada org lain dan sberapa kuat iman kita. Mnurutku, hanya org org egois dan putus asa yg berkata takdir tidak dapat di rubah sma skli...

    BalasHapus
  22. Pa agus nya malah tenggelam... Udah di takdirkan dari awal kalo pernyataan nya tidak bisa di rubah..hehehe..allahuakabar.. Jalani aja yg menurut mu baik..dan tidak keluar dr jalan NYA.. Insya alloh berkah..aamiin..

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum.
    Ndak usah eker y bapak2..
    Untuk do'a merubah takdir atau tidak, itu tergantung tingkatan pemahaman kita. Terutama bg penganut tasawuf mungkin mempunyai keyakinan tersendiri.
    Hanya saja bagi yang pemahamannya d luar umum, sebaiknya tidak di share d kalangan umum supaya tidak menjadi kesalahan fahaman yg akibatnya bisa melenceng dari ajaran.
    Semanten mawon komentar kawulo, Mugi manfaat. Maaf kalau ada yg tidak berkenan.
    Wassalam.

    BalasHapus
  24. Assalamu alaikum
    Mohon ijin komentar Bapak/ibu ku seiman & se a'qidah
    Kalau menurut saya
    Kita tidak perlu perdebatkan
    Apa lg mencela sesama kita

    Jgnlah kita merasa memiliki ilmu yg lebih luas,Allah lah yg maha segala2 nya

    Bukan kah kita harus saling mengingatkan...???
    Jd
    Bagi yg lebih faham
    Mohon di luruskan
    Dan bagi yg blum faham silahkan di simak dan jd kan pedoman

    Saya setuju komentar
    Bpk.SUMBER TIRTA AIR MINUM diatas

    Dan percaya lah
    Allah maha pengasih
    Jika belum dikabulkan
    Tetap lah berdoa
    Terlebih berdoa di waktu 1/3 malam
    Dan ajaran guru saya
    Sebelum berdoa
    Bacakan syukur dahulu kemudia sholawat

    Alhamdulillahirobbil Alamin
    Allahumma sholli ala sayidina Muhammad wa ala ali sayidina Muhammad

    Kemudian berdoa lah dengan sungguh2
    Semoga kita selalu mendapatkan Rahmat Allah yg maha Agung
    Dan selalu terlepas dari segala kesulitan.. Amiiin ya Robbal alami...n

    Assalamu alaikum

    BalasHapus
  25. Takdir bisa dirobah sebagaimana disebutkan dalam surat arra'd ayat 11 yang artinya. "Sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah keadaan suatu seseorang/kaum, sehingga mereka mau merubah keadaannya oleh diri sendiri/oleh kaum itu sendiri". Kalo merujuk ke ayat tersebut artinya Alloh memberi kesempatan kepada manusia baik individu maupun golongan untuk berikhtiar dan berdoa agar dapat merubah takdir yg telah ditetapkan.semoga bermanfaat

    BalasHapus
  26. Saling mendoakan saja apabila mengalami sma dgn tema doa diatas biar cpt dikqbulkan

    BalasHapus
  27. Daokan saya sodar2 ku. Semoga hutang2 saya yg sagt banyak.saya diberi kemampuan utuk melunasinya..Amin yarobbalngalamin..

    BalasHapus
  28. Takdir yang adh tertulis tidak dapat berubah yg dapat diubah adalah NASIB

    BalasHapus
  29. Nyimak aja,ilmunya sangat bermanfaat skali buat saya

    BalasHapus
  30. Bagi bapak yang mengatakan bahwa takdir sudah tidak bisa dirubah, monggo dipelajari lagi rukun iman yang ke 6 tentang iman kepada Qodo' dan Qodar...
    Semoga kita semua dapat mengimanni semua rukun Iman yang telah diwajibkan untuk kita umat Islam...

    BalasHapus
  31. asslmlkm all... tu benar ud oni istajiblakum.. Terima Kasih Motivasinya Semoga Kebaiakan Saudara/i dapat Imbalan Dari Allah SWT yang Berlipat Ganda Dan Mohon Maaf Saya sudah Membaca dan mengopi Hasil Karya saudara/i mohon ijin membaca Atau Mohon Ijazahnya Dan Do'anya Semoga Saya menjadi orang yang selalu Bertaqwa Kepada ALLAH SWT Aamiinn

    BalasHapus
  32. Subhanallah..
    Maha suci Allah..

    Allah hu Akbar
    Sungguh maha besar Allah..

    Nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan..

    BalasHapus
  33. Mohon doanya teman2 dan saudara2 ku semua , untuk saya , yg saat ini telah terlilit hutang mohon doanya semoga allah swt mengangkat saya dan bisa terbebas dari hutang2 saya saat ini,, doa dari teman2 dan saudara2 semua saya harapkan semoga allah swt mengabulkan,,
    Amiiin,,

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).