Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya

Assalamu'alaikum. Teman-teman, setelah selesai sholat dhuha, jangan lupa untuk membaca doa ya? Doa sholat dhuha yaitu meminta agar dimudahkan rezeki oleh Allah SWT. Shalat Dhuha sendiri lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi :
Allah berfirman :
“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Nah, jika teman-teman ingin dilancarkan rizkinya, silakan amalkan sholat dhuha setiap hari. Lafadz doa setelah sholat sunah dhuha lumayan cukup panjang. Jika teman-teman belum hafal doanya, silakan pelajari, baca berulang-ulang maka dengan sendirinya lama-kelamaan akan hafal. Berikut adalah lafadz bacaan doa sholat dhuha dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya lengkap.
Bacaan Doa Sholat Dhuha lengkap arab latin dan artinya
Ilustrasi : Berdoa setelah sholat sunnah dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Video Doa Sholat Dhuha



Teman-teman, itulah bacaan lafadz doa sholat dhuha lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Silakan dipelajari dan dihafalkan ya?

Perlu di ingat...!!! Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Waktu shalat dhuha dimulai dari matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.

Adapun diantara keutamaan atau manfaat shalat dhuha ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

21 komentar untuk "Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya"

  1. Sangat membantu untuk mengerjakan PR terima kasih atas do'anya!

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum.. admin saya mau nanya.. apakah boleh mengerjakan solat sunah duha pada jam 6,40.. karna saya berangkat kerja jam 7,00.. sembari menunggu waktu berangkat kerja apakah boleh di kerjakan pada waktu tetsebut.?? Terima kasih.. Wasallam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, sholat dhuha di kerjakan pas jam 7.30 sampai 11...anda bisa melakukannya di tempat kerja anda..trims

      Hapus
    2. Waktu Sholat dhuha: Imam An-Nawawi mengatakan: ulama madzhab kami (syafi’iyah) mengatakan: “Waktu ketika matahari mulai panas adalah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat dhuha, meskipun dibolehkan shalat sejak terbit matahari sampai menjelang tergelincirnya matahari. (Syarh Shahih Muslim, 6/30).

      Hapus
  3. Amin...semoga allah memberi petunjuk yang lurus

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah terimakasih😊

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum...mohon maaf sebelumnya, mohon untuk merevisi tulisan latinnya, ada beberapa yang salah baik bacaan panjang pendek maupun harakatnya. Misal untuk tulisan latin terakhir : ‘IBADIKASH SHALIHIN sedangkan tulisan Arabnya 'IBAADAKASH SHAALIHIIN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf tapi ini bukan blog saya jadi saya tidak bisa merubah atau merevisi tulisannya "mohon maaf"

      Hapus
  6. Asslmlkm..saya mau tanya.apakah boleh setelah sholat duha tidak baca doanya,tp lngsung dzikir n memohon doa.tlg pnje

    BalasHapus
  7. makasih artikelnya semoga bisa menjalankan sholat dhuha setiap hari disela2 waktu bekerja

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah akhi ukhti :))

    BalasHapus
  9. Assalamu alaikum...mohon pencerahannya untuk bacaan surat pada sholat dhuha apakah di suarakan atau dalam hati saja.
    Syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. wallaikunsalam. bantu jawab kakak, surat yang dianjurkan untuk bacaan sholat sunah dhuha ialah surat asy-syam dan ad-dhuha. syukron, semoga bermanfaat

      Hapus
  10. Subhanallah, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Yg rajin belajar buat cepat selesai kuliahnya Dan dapat nilai bagus

    BalasHapus

Panduan Berkomentar
* Silakan beri komentar sesuai isi artikel yang tertulis di halaman ini.
* Gunakan bahasa yang baik dan yang sopan
* Komentar yang menyertakan link dan/atau nomor telpon tidak akan kami publikasikan (Dihapus).